APIP Inspektorat Nagekeo Sosialisasi Pengawasan di Kantor Camat Aesesa

MBAY, NTT PEMBARUAN.com—Jumat, 6 Maret 2020, Aparat Pengawas  Internal Pemerintah (APIP) atau pengawas internal dari Inspektorat Kabupaten Nagekeo melakukan sosialisasi tentang pengawasan di Aula Kantor Kecamatan Aesesa, Kabupaten Nagekeo, Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT).

Sekertaris Inspektorat Kabupaten Nagekeo, Silvester Goa di hadapan para peserta sosialisasi menjelaskan, kegiatan sosialisasi ini mengacu pada Permen PAN Nomor PER/05/M.PAN/03/2008 tentang standart audit aparat pengawasan intern pemerintah.  

Ia menyebutkan, ada 3 Inspektur Pembantu Wilayah, yakni Inspektur Pembantu Wilayah I terdiri dari Kecamatan Mauponggo dan Kecamatan Keotenga.

 Inspektur Pembantu Wilayah II meliputi Kecamatan Boawae, Kecamatan Aesesa Selatan dan Kecamatan Wolowae. Selanjutnya, Inspektur Pembantu Wilayah III meliputi Kecamatan Aesesa, Organisasi Pemerintahan Daerah dan Kecamatan Nangaroro. Sedangkan, 42 jumlah pejabat fungsional auditor yang ada di Inspektorat Kabupaten Nagekeo sebanyak 42 orang.

Baca juga :  773.304 Masyarakat NTT Belum Menjadi Peserta JKN –KIS

Sosialisasi ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi Sumber Daya Manusia (SDM) perangkat desa dalam mengelola dana desa (DD) dan pengelolaan dana bos. Karena itu, kegiatan ini diikuti oleh para kepala desa bersama aparat desanya, para kepala sekolah dan bendahara dana bos se-Kecamatan Aesesa.

Camat Aesesa,  Oskar Sina saat membuka kegiatan sosialisasi pengawasan internal itu mengatakan, kegiatan ini merupakan momentum yang sangat strategis baik untuk mengetahui apa itu peran APIP dan mendapatkan pengetahuan yang lebih luas tentang pengelolaan dana desa dan pengelolaan dana bos.

 Tim APIP Inspektorat Kabupaten Nagekeo saat melakukan sosialisasi tentang pengawasan di Aula Kantor Camat Aesesa, Jumat (6/3/2020) (Foto : Muhamad Dedi Ingga/NTT PEMBARUAN.com)

“Kebanyakan dari kita tunggu ada persoalan baru mencari alasan. Karena itu, kepada para peserta, saya berharap, untuk mengikuti sosialisasi ini secara sungguh –sungguh, sehingga bisa menjadi acuan dalam melaksanakan tugasnya di desa dan di sekolah masing-masing.

Baca juga :  Gubernur NTT : Kebijakan Pertanian Harus Bisa Menurunkan Angka Kemiskinan

 Menutupi sambutannya, ia menyampaikan terima kasih sebesar-besarnya kepada Tim APIP Inspektorat Kabupaten Nagekeo yang telah melakukan sosialisasi tentang pengawasan di awal tahun di wilayah kerjanya. (mat)

Komentar