HPSN 2020 Kumpul 2,89 Ton Sampah Plastik Laut

LABUAN BAJO – Dalam rangka memperingati Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) 2020 di Labuan Bajo, Kabupaten Manggarai Barat (Mabar), Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT), 16 lembaga kementerian termasuk Kementerian Kelautan (KKP) melalui BPSPL Denpasar menyelenggarakan berbagai  kegiatan.

Direktur Pendayagunaan Pesisir dan Pulau-Pulau Kecil, Muhammad Yusuf di lokasi TPI Kampung Ujung Labuan Bajo, Kamis (5/3/2020) menjelaskan, kegiatan ini merupakan rangkaian dari acara puncak Hari Peduli Sampah Nasional, walaupun KKP sudah melakukan Hari Cinta Laut ini sejak Tahun 2002 lalu.

“Selama dua hari kegiatan ini, kita melibatkan 200 orang nelayan dibantu 50 orangg pegiat penyelam untuk melakukan pembersihan di dasar laut perairan Labuan Bajo”, kata Muhammad Yusuf.

Baca juga :  Desain Penanganan Sampah di Kota Kupang Harus Jelas

Selain itu, kata dia, yang menjadikan kegiatan ini menarik terdapat peningkatan jumlah peserta nelayan dan diver, terutama menjelang H-1 puncak HPSN sehingga total perolehan sampah plastik hari ini (Kamis,5/3/2020,red) jauh lebih banyak ketimbang hari sebelumnya.

Perolehan sampah laut selaman3-5 Maret 2020 pada Aksi Nelayan Ketinting Bersih Laut di Perairan TPI Kampung Ujung dan Dermaga Pink mencapai total 1.753,9 kg, sedangkan pada Aksi Underwater Clean UP diperoleh sampah laut mencapai 335.5 kg. Sehingga seluruh capaian total sampah laut pada tanggal 3 sampai 5 Maret 2020 tahun ini mencapai 2.089,4 kg atau setara dengan 2,089 ton sampah”, papar Direktur Pendayagunaan Pesisir dan Pulau-Pulau Kecil ini.

Baca juga :  Hadiri Tahbisan Imam, Wagub : Jadilah Duta NTT di Luar Negeri

Keseluruhan jenis sampah, menurut Muhammad Yusuf, didominasi oleh sampah plastik dan kaleng dari hasil aktivitas masyarakat dan pariwisata yang terdapat di Labuan Bajo dan sekitarnya.

Tim pengumpul sampah berpose bersama di Labuan Bajo, Kabupaten Manggarai Barat, Provinsi NTT, Kamis (5/3/2020) (Foto : Louis Mindjo/NTT PEMBARUAN.com)

Adapun rangkaian acara yang digelar Kementerian Kelautan dan Perikanan sejak 3–5 Maret 2020 terdiri dari Aksi Bersih Laut Nelayan dan Under Water Clean Up, Penyadartahuan dan Sosialisasi Pengelolaan Sampah,  Biota Laut Dilindungi Kepada Nelayan dan Masyarakat, Sekolah Pantai Indonesia di SMP Satap, P. Mesah dan MAN Manggarai Barat.

Sedangkan lokasi kegiatan Under Water Clean Up  meliputi, Kampung Air, Kampung Ujung, Dermaga Pink, Binongko, Pantai Waecicu. Kegiatan ini dapat terlaksana atas kerjasama para Diver KKP, Persatuan Penyelam Profesional Komodo – P3KOM, GAHAWISRI dan Pegiat Lingkungan.

Baca juga :  Gendang Pilkada Mabar Mulai Ditabur, Paket AG Daftar Pada Hari Pertama

Rangkaian kegiatan peringatan HPSN 2020 ini diharapkan seluruh pelaku pariwisata serta masyarakat nelayan yang terdapat di Labuan Bajo ini dapat selalu menjaga kelestarian Sumber Daya Kelautan dan Perikanan di Labuan Bajo. (min)