Selama Tahun 2019, Basarnas Menoreh Sejumlah Prestasi

KUPANG, NTT PEMBARUAN.com- Selama Tahun 2019, Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan (Basarnas) menoreh sejumlah prestasi di tingkat kelembagaan, baik di tingkat daerah maupun pusat.

Prestasi yang diraih itu antara lain, predikat Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) selama 5 kali berturut-turut, penghargaan dari Badan Kepegawaian Nasional (BKN) sebagai salah satu lembaga terbaik dalam pengelolaan, perencanaan pegawai, dan kepengurusan kenaikan pangkat.

Penilaian sangat baik dari Badan Arsip Republik Indonesia (BARI) dalam hal pengelolaan arsip, meraih penghargaan media sosial kategori video terbaik government social untuk lembaga pemerintah dari Kemenko Info dan pelayanan publik dengan nilai baik dari Kemenpan-RB.

Lembaga ini juga mendapatkan predikat medium classification setelah dinyatakan lulus dalam asesment yang dilaksanakan oleh international search and rescue advesory group (insarag) exercise classification. Seperti ketahui, insarag merupakan lembaga internasional di bawah United National Office For The Coordination of Humanitarian Affair (UN OCH) atau Kantor Koordinasi Urusan Kemanusiaan Perserikatan Bangsa-Bangsa.

“Semoga, prestasi-prestasi tersebut dapat menjadi acuan untuk semangat kita, sehingga kita semua lebih termotivasi dalam bekerja guna memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat dalam pelaksanaan tugas yang mulia ini,” kata Asisten I Bidang Pemerintahan Sekretariat Daerah (Setda) NTT, Jamaludin  Ahmad saat membacakan sambutan tertulis Kepala Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan, Marsdya TNI Bagus Puruhito pada Upacara Hari Ulang Tahun Basarnas ke-48 di Halaman Kantor Pencarian dan Pertolongan Kelas A Kupang, Jumat (28/2/2020).

Baca juga :  DPKP NTT Distribusi Sejumlah Benih Kepada Para Petani

Di HUT ke-48  ini juga, Basarnas  ada penambahan dua armada kapal negara (KN) baru, yaitu KN Sar 103 Wisnu dan KN Sar 104 Kamajaya dan  dua pesawat helikopter yang siap dioperasionalkan. Dua kapal masing-masing berukuran panjang 66 meter dan  2 helikopter tersebut sebagai alat utama pendukung penyelenggaraan operasi SAR.

Kedua kapal tersebut dilengkapi dengan berbagai peralatan SAR modern, seperti Remotely  Operated Vehicle (ROV), side scan sonar, multibeem echosounder (Mbes), serta peralatan lainnya.

“Semoga, keberadaan kapal-kapal dan helly ini akan meningkatkan kapabilitas operasional kita sehingga penyelenggaraan operasi SAR di perairan maupun permukaan dapat terlaksana lebih efektif dan efisien,”baca Jamaludin saat menjadi Inspektur Upacara Peringatan HUT Basarnas ke-48 di Halaman Kantor Pencarian dan Pertolongan Kelas A Kupang.

Sebagai lembaga pemerintah non kementerian, lembaga ini juga bertekad untuk menyukseskan program-program pembangunan nasional yang telah dicanangkan pemerintah, khususnya pada sektor pariwisata.

Saat ini, pemerintah tengah fokus pengembangan 5 (lima) destinasi  wisata super prioritas, yaitu Danau Toba di Sumatera Utara, Borobudur di Magelang, Jawa Tengah, Mandalika di Nusa Tenggara Barat, Labuan Bajo di Nusa Tenggara Timur, dan Likupang di Sulawesi Utara.

Baca juga :  Perahu Motor POB 6 Orang Mengalami Mati Mesin di Perairan Tablolong
PENGUKUHAN- Asisten I Bidang Pemerintahan Setda NTT, Jamaludin Ahmad saat melakukan pengukuhan Satuan Tugas SAR NTT Angkatan I di Kantor Pencarian dan Pertolongan Kelas A Kupang, Jumad (28/2/2020) (Foto : Kanisius Seda/NTT PEMBARUAN.com)

“Untuk itu, dari aspek sar, kita harus siap pada ke-5 destinasi utama super prioritas tersebut, sumber daya manusia alat utama, sarana prasarana sehingga dapat memberikan rasa aman dan rasa nyaman bagi wisatawan, baik domestik maupun manca Negara,” baca Jamaludin yang hadir mewakili Gubernur NTT saat itu.

Sebelum mengakhiri sambutannya, Kepala Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan, Marsdya TNI Bagus Puruhito menyampaikan beberapa hal, pertama, setiap personil Basarnas senantiasa menjadi pribadi-pribadi yang selalu meningkatkan keimanan dan ketaqwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa.

Kedua, tingkatkan terus profesionalisme dan soliditas dalam rangka meningkatkan kualitas sumber daya manusia Basarnas, ketiga,  menjaga sinergitas dan membina potensi SAR melalui wadah forum koordinasi potensi pencarian dan pertolongan.

Keempat, selalu menjadi kesiapsiagaan dan kewaspadaan terhadap situasi dan kondisi di wilayah kerja masing-masing serta cepat memberikan respon pada saat terjadi kegawatdaruratan, baik pada kecelakaan, bencana, maupun kondisi membahayakan manusia, yang berarti mempertahankan kinerja yang sudah baik, bahkan meningkatkannya dan  kelima, senantiasa menjaga budaya disiplin dan menjadi contoh performance di lingkungan kerja.

Inilah tamu undangan yang hadir pada Upacara Peringatan HUT Basarnas ke-48 di Kantor Pencarian dan Pertolongan Kelas A Kupang, Jumad (28/2/2020). (Foto : Kanisius Seda/NTT PEMBARUAN.com)

Peringatan HUT Basarnas ke-48 ini disatukan dengan pengukuhan Satuan Tugas SAR NTT Angkatan I oleh Asisten I Sekda NTT, Jamaludin Ahmad dan demo panjat tebing dari Anggota Potensi SAR Angkatan I.

Baca juga :  Bawaslu Nagekeo Pastikan Hak Pilih Masyarakat Tetap Terjaga

Hadir pada Upacara HUT Basarnas ke-48 itu, Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Kelas A Kupang, Emi Frizer, S.E,M.M, Wakil Bupati Rote Ndao, Stefanus M.Saek, Dandim 1604/Kupang, Kolonel Arh I Made Kusuma Dhyana Graha,S.IP, Kadisops Lanud El Tari Kupang, Letkol Pas Johanes Paulus, Danlantamal VII Kupang diwakili Aspotmar Lantamal VII Kupang, Letkol Laut (P) Jonhar Harahap, Danyonmarhan  VII Kupang, Letkol Mar Faried Ahmad.

Selanjutnya, Dankipan C Yonko 466 Paskhas Kapten Pas Syahrul  Iman, Kapolsek Maulafa yang mewakili Kapolres Kupang Kota, Kompol Margarita R. Sulabessi,S.Sos, Binda NTT, Ibnu Santoso, GM Angkasa Pura Kupang, Agung S.A, KKP Kupang, Yohanes Baki, Kepala SPKKL Bakamia Kupang, Yeanry Olang, Rudenin Kupang, I Putu Antara, dan  Kepala BNN Kota Kupang, Hendrik Leko. (ade)