Di SBD, Tim SAR Gabungan Temukan Korban Ruben dalam Keadaan Meninggal Dunia

KUPANG, NTT PEMBARUAN.com- Pencarian pada hari kedua, Minggu, 23 Februari 2020, Tim SAR Gabungan berhasil menemukan korban Ruben Rangga Nawa (30), jeni kelamin  laki-laki, Warga Desa Hameli Ate, Kecamatan Kodi Utara, Kabupaten Sumba Barat Daya (SBD)  dalam keadaan meninggal dunia pada pukul 10.45 Wita pada titik koordinat 09°33’41.27″S – 118°55’30.60″E.

Selanjutnya, pada pukul 11.00 Wita, korban dievakuasi menggunakan rubber boat menuju Pantai Desa Hameli Ate, Kecamatan Kodi Utara, Kabupaten Sumba Barat Daya, Provinsi  Nusa Tenggara Timur (NTT)  untuk diserahkan kepada pihak keluarga.

Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Kelas A Kupang,  Emi Frizer,S.E,M.M melalui siaran pers yang diterima media ini, Minggu (23/2/2020) menyebutkan,  Sabtu,  22 Februari 2020 pukul 16.00 Wita, Kantor Pencarian dan Pertolongan Kelas A Kupang menerima informasi dari Kalak BPBD Sumba Barat Daya,  Yohanes Tande  yang melaporkan korban Ruben Rangga Nawa tenggelam saat mencari ikan di  Pantai Desa  Hameli Ate, Kecamatan Kodi Utara Kabupaten Sumba Barat Daya.

Baca juga :  Agustus 2020, NTT Mengalami Deflasi 0,71 Persen

Selanjutnya, pukul 16.25 Wita, diberangkatkan Tim Rescue Pos Pencarian dan Pertolongan Waingapu berjumlah 9 (sembilan) orang dengan menggunakan Rescue Car dan Rescue Car Box dilengkapi Palsar laut lainnya menuju lokasi kejadian,  dengan jarak tempuh 200 kilo meter guna melaksanakan operasi pencarian dan pertolongan.

Pada pukul 22.00 Wita, Tim Rescue Pos Pencarian dan Pertolongan Waingapu tiba di Sumba Barat Daya dan langsung berkoordinasi dengan potensi SAR terkait. Koordinasi dengan hasil sementara masih nihil dan akan dilanjutkan operasi SAR hari kedua, Minggu,  23 Februari 2020.

Pencarian hari kedua, Minggu, 23 Februari 2020, Tim SAR Gabungan membagi  2 Search  and Rescue Unit (SRU)  dengan area pencarian yang di telah ditentukan. Search  and Rescue Unit (SRU)  1 melaksanakan penyisiran di sepanjang bibir pantai sejauh 2,5 kilo meter arah timur, sedangkan SRU 2 melakukan pencarian di laut dengan menggunakan rubber boat Pos Pencarian dan Pertolongan Waingapu mengikuti SAR MAP yang telah ditentukan.

Baca juga :  Gubernur NTT Tinjau Realisasi Jalan Provinsi di Mabar

Pada pukul 10.45 Wita, korban berhasil ditemukan Tim SAR Gabungan dalam keadaan meninggal dunia pada koordinat 09°33’41.27″S – 118°55’30.60″E, kemudian dievakuasi menggunakan rubber boat menuju Pantai Desa Hameli Ate. Selanjutnya, pukul 11.00 Wita, Tim SAR Gabungan tiba di Pantai Desa Hameli Ate dan langsung menyerahkan korban ke pihak keluarga.

Unsur SAR yang terlibat, Pos Pencarian dan Pertolongan Waingapu, BPBD Kabupaten Sumba Barat Daya,  Kades Hameli Ate, keluarga korban dan masyarakat setempat. (ade)