Pelatihan Pertolongan di Ketinggian Bagi Potensi Pencarian dan Pertolongan Tahun 2020 Diikuti 60 Peserta

KUPANG, NTT PEMBARUAN.com – Kantor Pencarian dan Pertolongan Kelas A Kupang menyelenggarakan Pelatihan Pertolongan di Ketinggian Bagi Potensi Pencarian dan PertolonganTahun 2020.

Pelatihan yang diikuti 60 peserta itu berlangsung selama 8 hari, terhitung sejak 21—28 Februari 2020 dipusatkan di Kantor Pencarian dan Pertolongan Kelas A Kupang terdiri dari TNI/ Polri, instansi berpotensi SAR lainnya di Kupang dan Kabupaten Rote Ndao, masyarakat dari Kelurahan di wilayah Kota Kupang.

Tema yang diusung  dalam pelatihan ini yakni “Melalui Pelatihan Potensi Pencarian dan Pertolongan di Ketinggian Kita Tingkatkan Profesionalisme  dan Kompetensi Potensi Pencarian dan Pertolongan Guna Pelayanan Jasa Pencarian dan Pertolongan Yang Cepat, Tepat, Aman, Terpadu dan Terkoordinasi”.

Baca juga :  Latihan SAR Beregu Tahun 2020 Tetap Mematuhi Protokol Covid-19

Acara ini dibuka  secara resmi oleh Direktur Bina Tenaga Marsekal Pertama TNI F. Indrajaya, S.E.,M.M.  Dalam sambutannya,  Indrajaya mengatakan, bahwa sesuai amanah Undang-Undang Nomor 29 Tahun 2014 tentang Pencarian dan Pertolongan, Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan memiliki  kewajiban untuk melaksanakan fungsi pembinaan terhadap potensi pencarian dan pertolongan, baik di tingkat pusat maupun daerah.

Salah satu bentuk pembinaan potensi tersebut adalah melaksanakan pelatihan teknis SAR secara rutin kepada potensi pencarian dan pertolongan, yang pada kesempatan ini jenis pelatihannya adalah pertolongan di ketinggian (HART).

Pelatihan potensi ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan serta memelihara dan meningkatkan kemampuan, keterampilan, kesiapsiagaan dan kerjasama antara Kantor Pencarian dan Pertolongan Kelas A Kupang dengan TNI/ Polri, instansi berpotensi SAR lainnya serta masyarakat di wilayah kerja Kantor Pencarian dan Pertolongan Kelas A Kupang.

Baca juga :  Perahu Motor POB 6 Orang Mengalami Mati Mesin di Perairan Tablolong

Kepada Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan, ia berpesan, apabila terjadi kecelakaan atau bencana segera berkoordinasi dan bertindak dengan cepat, tepat dan aman guna meminimalisir korban.

Bagi  para peserta pelatihan, ia ingatkan, untuk mengikuti latihan secara  serius dari awal hingga berakhir nanti  dan tetap fokus karena pelatihan ini memiliki resiko yang cukup tinggi dengan mengutamakan faktor keselamatan, menjaga stamina,  semua ilmu yang diberikan bisa terserap dan teruslah bersemangat.

Hadir pada kesempatan itu, Komandan Lanud TNI AU El Tari, Komandan Paskhas, Kapolres Kupang Kota, GM PT. Angkasa Pura I, GM AirNav, Kalak BPBD Kota Kupang, Kalak BPBD Kabupaten  Rote Ndao, Kepala Kantor Kesehatan Pelabuhan Kelas III Kupang serta para pejabat Kantor Pencarian dan Pertolongan Kelas A Kupang. (ade)