Hoby Memancing Ikan

MEMANCING IKAN, salah satu bentuk refresing  sebagai pelepas lelah dari berbagai kesibukan yang ada.  Itulah yang dirasakan oleh  Kapolres Manggarai Barat, AKBP Handoyo Santoso, S.IK,M.Si saat memancing ikan di sekitar Perairan Labuan Bajo, Ibu Kota Kabupaten Manggarai Barat  bersama Camat Komodo, Imran,S.P, Sabtu (8/2/2020).

Ada banyak orang yang mungkin belum tahu tentang kegemaran orang nomor satu di Polres  Manggarai Barat (Mabar) ini. Pria kelahiran Jakarta dan juga seorang perwira menengah tersebut ternyata memiliki hobby memancing sejak berpangkat komisaris polisi.

Saat bertugas di Batu Ampar,Batam, Kepulauan Riau dan Aceh, memancing ikan , baginya, sudah men jadi hobby.  Yang bikin seru dari memancing itu, kata dia,  adalah tarikan senar saat umpan disantap ikan.

Baca juga :  Selama Masa New Normal Covid-19, Ortu Siswa SMPN 6 Kupang Tengah Izinkan Anaknya BDR

Sebelum menjadi Kapolres Mabar, lulusan Akademi Kepolisian (Akpol) 1998 ini, pernah menjabat sebagai Komandan Kapal Patroli Perairan KP Yudistira-8003 milik Ditpolairud Barhakam Polri, dengan tugas mengamankan wilayah Perairan Kepulauan Riau sebanyak 2.048 pulau.

Berpengalaman menahkodai kapal berukuran panjang 73 meter dan lebar 11,5 meter dengan kecepatan maximum 18 Knot, tidak serta merta membuat sosok AKBP Handoyo menjadi jumawa. Seperti lazimnya seorang polisi, beliau juga acapkali memilih waktu santai baik dengan keluarga ataupun dengan kerabatnya sambil berdiskusi hingga  memancing. Tidak hanya itu, ia juga berbakat dalam hal tarik suara.

Menjabat sebagai Kepala Kepolisian Resort Manggarai Barat, oleh anggotanya, beliau  dikenal sebagai sosok yang ramah dan gemar berdiskusi, baik dengan anggota polres maupun dengan masyarakat.

Baca juga :  Bank Mandiri Serahkan Bantuan 100 Unit Washtafel dan 10.000 Masker Kepada BOPLBF
Kapolres Manggarai Barat, AKBP Handoyo Santoso saat melakukan pengecekan kondisi keamanan di  Perairan Labuan Bajo, Sabtu (8/2/2020) ( Foto :Louis Mindjo/NTT PEMBARUAN.com)

“Jika ada waktu dan kesempatan selain memancing, saya juga ingin mengajak saudara dan teman-teman untuk berkumpul dan  kita bisa menyanyi sambil berdiskusi tentang situasi Kamtibmas dalam rangka menciptakan rasa aman bagi para wisatawan di daerah super destinasi pariwisata premium, seperti di Labuan Bajo saat ini”, kata Kapolres Handoyo.

Selain itu, ia juga mengingatkan kepada masyarakat Manggarai Barat untuk tidak enggan atau ragu melapor ke Polres Mabar, jika menemukan hal-hal yang dapat segera ditangani anggotanya.

“Saya ingin melihat sejauh mana potensi kerawanan perairan laut di sekitar Labuan Bajo. Kebetulan saya juga hobby memancing.  Jadi, tugas dan hobby bisa berjalan bersama-sama”,tutup Kapolres Handoyo.(Louis Mindjo)