Polres Matim Tertibkan Sejumlah TPM Ilegal di Pantai Cepi Watu Borong

BORONG, NTT PEMBARUAN. com – Polres Manggarai Timur melakukan operasi penertiban izin di sejumlah Tempat Hiburan Malam (TPM) yang belum mengantongi izin (ilegal) di Pantai Cepi Watu Borong, Kabupaten Manggarai Timur, Propinsi Nusa Tenggara Timur (NTT), Rabu (5/2/2020) malam.

Operasi penertiban itu dipimpin langsung Kepala Bagian (Kabag) Operasional Polres Matim, Yohanes Bastian Simon itu dengan lokasi target operasi  antara lain, Cafe Cemara, Cafe D’Loby, Cafe Zona dan Cafe Pelangi.

Kabag Operasional Polres Matim, Yohanes Bastian Simon kepada wartawan di Borong, Rabu (5/2/2020)   menjelaskan, operasi  penertiban izin sejumlah TPM  ini sebagai langkah awal untuk melakukan pengamanan tempat hiburan, sehingga terhindari dari hal-hal yang meresahkan masyarakat.

Baca juga :  Dirjen KSDAE Apresiasi Kinerja Pemprov NTT

“Target operasi kita hanya untuk menertibkan izinp-izin sejumlah TPM di Borong, Ibu Kota Kabupateng Manggarai Timur  sambil  menghimbau untuk tidak menggunakan obat-obat terlarang, seperti narkoba dan masalah  Kamtibmas lainnya . Cafe yang masih dalam proses mengurus izinnya, terpaksa kami suruh tutup  dan tidak boleh beroperasi.  Setelah  mengantongi izin baru bisa beroperasi,”tegasnya.

Terkait sanksi hukum bagi pelaku usaha (pemilik TPM,red) yang menjalankan usahanya tanpa izin di daerah itu, kata Simon, belum melakukan penindakan.  “ Kita masih dalam tahap  pemeriksaan izin-izin saja, nanti satu atau dua minggu ke depan, baru kami  melakukan penindakan, khususnya bagi pelaku usaha yang belum mengantongi izin,” tukas dia.

Baca juga :  Wagub Nae Soi : Penyebaran Informasi Harus Mendukung Pembangunan di NTT

Di hadapan para pemilik  dan para pekerja cafe,  Simon juga menghimbau, agar menghindari menampung  orang –orang yang diduga menggunakan atau mengedarkan narkoba di TPM yang ada karena itu akan menjadi sumber malapetaka, baik kepada pelakunya maupun pemilik usaha TPM tersebut.

Inilah salah satu target operasi (TO) Tempat Hiburan Malam (TPM) yang dilakukan Polres Manggarai Timur di Area Pantai Cepi Watu, Kota Borong, Ibu Kota Kabupaten Manggarai Timur, Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT), Rabu (5/2/2020) malam. (Foto : Florianus Edi/NTT PEMBARUAN.com)

Dalam operasi itu yang dilakukan Polres Matim itu ditemukan  sejumlah TPM belum mengatongi  izin termasuk beberapa  pelayan cafe  tidak memiliki Kartu Tanda Penduduk  (KTP) dan ditemukannya juga  minuman bir yang tidak berlabel.

Salah satu pemilik cafe di Borong yang enggan menyebutkan namanya kepada awak media mengaku, usaha TPM-nya sedang dalam proses pengurusan izin dari  Pemerintah Kabupaten Manggarai Timur.

“Saya sudah memasukan sejumlah berkasnya sejak  5 bulan lalu, tetapi sampai saat ini izinnya belum juga keluar. Padahal, setiap tahun kami selalu membayar  pajak,” ujarnya. Terkait kepemilikan  minuman bir yang tidak berlabel di cafenya, dia mengakau, kalau minuman bir tersebut itu dibelinya dari Toko Ritalux Borong. (edi)