Camat Aesesa Diminta Menyosialisasikan Program Pemerintah Kepada Masyarakat

MBAY, NTT PEMBARUAN.com- Bupati Nagekeo, Johanes Don Bosco meminta kepada Camat Aesesa yang baru diserahterimakan untuk terus menyosialisasikan program-program pro rakyat yang digalakan oleh pemerintah, baik Pemerintah Pusat (Pempus), Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Timur (Pemprov NTT) dan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Nagekeo kepada masyarakat.

Bupati Nagekeo, Johanes Don Bosco menyampaikan hal itu saat melakukan serah terima jabatan Camat Aesesa dari pejabat lama, Pius Dhari, A.Md kepada pejabat baru, Oskar Yoseph  Amekae Sina di   Aula Kantor Camat Aesesa, Selasa (28/1/2020).

Oskar  Yoseph Amekae Sina adalah camat ke -14  di Kecamatan Aesesa. Karena itu, Bupati Don Bosco meminta kepada Camat Oskar Sina, agar dalam melaksanakan tugas-tugasnya ke depan, harus mengacu pada tugas pokok dan fungsi (Tupoksi) serta mampu menjabarkan semua program pemerintah kepada masyarakat.

Baca juga :  SIPD Hadir Untuk Memberikan Kontribusi Positif Terhadap Pengelolaan Keuangan Daerah

Pada tempat yang sama, Ketua DPRD Nagekeo, Marselinus F. Ajo Buppu dalam sambutannya mengatakan, mutasi/rotasi jabatan salah satu bentuk penyegaran kinerja Aparatur Sipil Negara (ASN) dalam penyelenggaraan pemerintahan daerah.

Kata Marselinus,  camat memiliki peranan penting dalam menjalankan semua program dan kebijakan pemerintah kabupaten, provinsi dan pusat. Untuk itu, camat harus mampu berkerja secara profesional dan berintegritas. Sebab,  penentuan skala prioritas pembangunan kecamatan sangat menentukan percepatan pembangunan di daerah.

Sementara, Mantan Camat Aesesa,Pius Dhari, A.Md dalam sambutanya mengaku,  dirinya mengapdi di kecamatan tersebut selama kurang lebih 2 tahun 8 bulan. “Saya sudah bertugas di kecamatan ini, kurang lebih 2 tahun 8 bulan, dan saya bekerja sesuai dengan regulasi yang ada.  Selama bertugas,  kami telah menjalin relasi  dengan semua instansi termasuk masyarakat dalam mendukung pembangunan di Kecamatan Aesesa,”terangnya.

Baca juga :  Gubernur NTT Ajak Masyarakat Tingkatkan Imunitas Tubuh Hadapi Covid-19

Sedangkan, persoalan sawah daerah irigasi Mbay yang belum tuntas hingga saat ini, ia percayakan kepada camat yang baru nanti untuk menyelesaikannya dengan persuasif, arif dan bijaksana.

Pada tempat yang sama, Camat Aesesa yang baru, Oskar Yoseph  Amekae Sina dalam sambutannya, berjanji akan melaksanakan kepercayaan yang ada sesuai  amanat yang diberikan.

“Saya lebih banyak mendengar, dan meminta dukungan Bupati Nagekeo dan Ketua DPRD Nagekeo  karena saya menjadi camat di   Ibu Kota Kabupaten Nagekeo yang akan selalu membutuhkan dukungan dari semua pihak dan unsur Tripika Kecamatan Aesesa,”tukasnya.

Ia meminta unsur Tripika untuk sama-sama mengawal program strategis nasional pengembangan produksi garam dan pembangunan Waduk Mbay dan Lambo. Yoseph juga memohon dukungan para kepala desa/ lurah dalam menjalankan tugas- tugas pembantuan camat ke depan.  “Saya tidak bisa melaksanakan tugas dengan baik sebagai camat tanpa dukungan semua pihak,”tutupnya. (mat)