PT. Posindo di Tiga Kabupaten Manggarai Layani Penjualan Tiket ASDP Labuan Bajo—Sape

LABUAN BAJO, NTT PEMBARUAN.com- Mulai Kamis, 16 Januari 2020, PT. Pos Indonesia (Posindo) yang tersebar di 8 Kantor Pemeriksa dan Kantor Cabang PT Posindo di tiga kabupaten di Manggarai, yakni Manggarai Barat, Manggarai dan Manggarai Timur akan melayani penjualan tiket  penumpang dan kendaraan roda dua bagi para penumpang Kapal Feri Penyebrangan ASDP Labuan Bajo – Sape.

Hal itu merupakan implementasi dari Memorandum of Understanding (MoU) antara PT. Posindo dengan PT. ASDP Ferri Indonesia yang telah ditandatangani pada November 2019 lalu di Jakarta, kata General Manager PT.ASDP Feri Indonesia  Cabang Labuan Bajo-Sape, Hendriawan kepada wartawan di Kantor Pos dan Giro Komodo Labuan Bajo, Rabu (15/1/2019).

Baca juga :  RSUD Umbu Rara Waingapu Jadi Pelanggan Premium Pertama di Sumba

Kerja sama ini, menurut dia, untuk mendekatkan pelayanan kepada masyarakat  dalam hal penjualan tiket penumpang dan tiket kendaraan yang lebih mudah,lebih aman dan cepat.

“Untuk sementara,  kerja sama kami dengan PT. Posindo baru sebatas melayani penjualan tiket penumpang dan tiket kendaraan roda dua saja,” ujarnya.

Secara sistem PT Posindo, lanjut dia, bisa menjual apa saja, tetapi dari pihak ASDP mempunya pertimbangan sendiri berdasarkan skala prioritas dan keterbatasan armada kapal yang saat ini hanya baru dilayani dengan satu kapal feri lintasan Labuan Bajo – Sape.

Dari satu kapal feri yang dioperasikan  itu, lanjutnya lagi, hanya dapat menampung  20 unit kendaraan roda dua. Agar tidak terjadi over kapasitas, dan menjaga keselamatan serta kenyamanan berlayar, maka pihaknya belum melayani tiket kendaraan roda empat.

Baca juga :  33 Anak Calon Sambut Baru di Gereja St.Kristoforus Matani Terima Sakramen Pengakuan

Pada tempat yang sama, Kepala Kantor Pos Pemeriksa Labuan Bajo, Decky Ermawan, menjelaskan, dengan adanya kerjasama ini, outlet PT Pos Indonesia yang tersebar di Manggarai Raya dapat segera membuka layanan pembelian tiket penyeberangan feri ASDP kepada masyarakat yang akan melakukan perjalanan dari Labuan Bajo menuju Sape.

“Saat ini, tidak ada lagi keraguan bagi masyarakat atau calon penumpang Ferri ASDP yang akan bepergian, karena mereka sudah bisa melakukan pemesanan tiket jauh-jauh hari melalui 8  Kantor Pos Indonesia yang tersebar di Manggarai Barat,Manggarai dan Manggarai Timur ,” sebut Dicky.

Delapan Kantor Pos Indonesia yang melayani penjualan tiket  penumpang dan kendaraan  terdiri dari  Kantor Pos Pemeriksa Komodo, dan 7  Kantor Pos Cabang  lainnya,  yakni  Lembor, Cancar,Ruteng, Poco Ranaka, Cibal,Reo dan Pota. (min)