Longsor di Manggarai, Ruas Jalan Gelong-Ketang Putus Total

RUTENG, NTT PEMBARUAN.com-  Ruas Jalan Gelong-Ketang, Kecamatan Lelak, Kabupaten Manggarai, Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) putus total sejak awal Januari 2020 akibat longsor yang menutupi badan jalan tersebut.

Seperti disaksikan wartawan media ini, Selasa (14/1/2020)  lokasi longsor itu terjadi  di Desa Bangka Dese, Kecamatan Lelak, Kabupaten Manggarai, yang terjadi sejak awal Januari 2020, dan hingga hari ini belum tertangani oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Manggarai.

Fabianus, salah satu masyarakat Kecamatan Lelak yang melintasi jalan itu, Selasa (14/1/2020) kepada media ini  menyebutkan, tanah longsor yang menutupi badan jalan tersebut sudah terjadi sejak awal Januari 2020.

Ruas jalan ini, salah satu jalur alternatif dari Gelong menuju Kota Ruteng, Ibu Kota Kabupaten Manggarai. Ia berharap, Pemkab Manggarai melalui Dinas PUPR dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) setempat segera menurunkan alat berat ke lokasi bencana, seperti eskavator untuk mengangkat material yang menutupi badan jalan, sehingga transportasi angkutan pedesaan kembali normal.

Baca juga :  PLN Gelar Simulasi Selamatkan Korban di Tower

Harapan yang sama juga, ia sampaikan kepada empat kepala desa (Kades) di sekitar lokasi bencana, untuk secara gotong royong menggerakan masyarakatnya membersihkan tumpukan tanah dan batu yang menutupi badan jalan itu. (eng)