Tahun 2019, Penerimaan Distamben NTT Over Target

KUPANG, NTT PEMBARUAN.com-  Tahun 2019, penerimaan Dinas Pertambangan dan Energi Provinsi Nusa Tenggara Timur ( Distamben NTT) over target, dari target Rp 500 juta, realisasinya hingga akhir tahun sebesar Rp 592.235.651, terjadi kelebihan sebesar Rp 92.235.651 atau kalau dipersentasikan sebesar  120 persen .   

“Ini belum direkon dengan Badan Keuangan, ada beberapa wajib pajak yang belum melunasi pajaknya Tahun 2019 dan akan dibayarkan Tahun 2020 ini,” kata  Kepala Dinas Pertambangan dan Energi Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT), Yusuf Adoe kepada media ini di Kupang, Kamis (9/1/2020).

Pendapatan itu bersumber dari pajak air permukaan yang dikelola oleh Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) di 22 kabupaten/kota di NTT, dan lembaga lainnya, seperti pabrikan air mineral dalam kemasan  antara lain, Aguamor, Aquafit, Mutis qua, dan  Air Rote.

Baca juga :  Gubernur VBL Gratiskan Swab dan Rapid Test  Bagi Masyarakat NTT  

“Tahun 2020 ini, target penerimaan kita naik 100 persen dari Rp 500 juta naik menjadi Rp 1 miliar. Ini tantangan berat bagi kami untuk mencapai target tersebut,” tukasnya.

Ia menyebutkan, pada Tahun 2019  penetapan target, penagihan dan penghitungan dilakukan oleh Distamben NTT.  Tetapi, pada Tahun 2020  target dan penagihan pajaknya  dilakukan oleh Badan Pendapatan  dan Aset Daerah Provinsi NTT, kecuali penghitungannya masih dilakukan oleh Distamben NTT.

“Tahun ini, tugas kami hanya menghitung saja, sedangkan yang menetapkan target penerimaan pajak dan penagihannya dari Badan Pendapatan  dan Aset Daerah Provinsi NTT yang sudah memiliki UPT-nya di 22 kabupaten/kota di NTT,”ujar dia.

Ia percaya, teman-teman di Badan Pendapatan dan Aset Daerah  sudah melakukan kajian dengan baik, sehingga  mereka berani menetapkan target penerimaan Tahun 2020 ini sebesar Rp 1 miliar. (ade)

Komentar