BWS NTT Siagakan Dua Posko Penanggulangan Bencana

KUPANG, NTT PEMBARUAN.com – Mengantisipasi bencana alam di Nusa Tenggara Timur pada musim hujan sekarang ini, Balai Wilayah Sungai Nusa Tenggara II Provinsi Nusa Tenggara Timur  (BWS NT II NTT ) sudah menyiagakan dua posko penanggulangan bencana di dua tempat, yakni Kota Kupang dan Maumere.

“Kami sudah menyiagakan dua posko penanggulangan bencana sejak bulan lalu masing-masing di Kota Kupang dan Kota Maumere, Kabupaten Sikka, ” kata Kepala BWS NT II Provinsi NTT, Ir. Agus Sosiawan,M.T didampingi Kasi OP BWS NT II NTT, Yohanes Harapan kepada wartawan di Kupang, Kamis (9/1/2020).

Dua posko penanggulangan bencana yang disiagakannya itu, sudah dilengkapi sarana dan prasarananya masing –masing di Kota Kupang ada 5 unit ekskavator, dan 2 unit dump truck selalu stand by  1 X 24 jam. Begitupun posko  di Maumere sudah disiapkan  satu unit ekskavator dan 1 unit dump truck.

“Jadi, kalau sewaktu-waktu terjadi bencana, dengan kekuatan tim dan peralatan yang ada,  kami siap membantunya,” kata Agus. Bencana yang paling dominan terjadi di NTT, menurut dia, banjir dan tanah longsor.

Baca juga :  Hingga Oktober 2020, Realisasi Pengiriman Ternak Sapi ke Luar NTT 93,70 Persen

Sampai hari ini belum ada laporan  yang signifikan terkait bencana alam yang diterimanya,baik  dari masyarakat maupun Pemda di NTT, kecuali banjir  yang merusaki salah satu jembatan darurat yang menghubungi lalu lintas angkutan pedesaan di Kabupaten Sikka seperti yang disampaikan Wakil Gubernur NTT, Josef Nae Soi belum lama ini,,dan  sekarang sudah tertangani.

“Intinya, tim dan peralatan  kita selalu siaga 1 X 24 jam.  Kita juga sudah mendapat instruksi dari Menteri PUPR dimana semua  pejabat  dilarang untuk cuti sejak Januari –Maret 2020. Contohnya, saya sendiri bersama teman-teman Satker, PPK, dan para kepala seksi selama liburan Natal Tahun 2019 dan Tahun Baru 2020  selalu stand by di kantor untuk menjaga NTT dari bencana banjir dan tanah longsor,” ujarnya.

Baca juga :  Update 25 September 2020, NTT Tambah Lima Positif Covid-19

Selama musim hujan ini, ia  berjanji, selalu berada di tempat untuk melakukan koordinasi dengan lintas intansi  pemerintah provinsi, kabupaten/kota di NTT jika sewaktu –waktu terjadi bencana alam.(ade)

Komentar