IKMM Kupang Rayakan Natal Bersama

KUPANG, NTT PEMBARUAN.com- Sabtu, 28 Desember 2019, Ikatan Keluarga Manggarai Matani (IKMM) Kupang merayakan Natal Bersama di Rumah Bapak Yakobus Sodanango, tepatnya di belakang Biara Karmel OCD, Desa Penfui Timur, Kecamatan Kupang Tengah, Kabupaten Kupang, Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT).

Seperti disaksikan wartawan media ini, perayaan Natal Bersama IKMM Kupang yang dipimpin Pater Yoma,CMF dan Pater Bastian dari OMD Kupang ini dihadiri kurang lebih 500 orang dari semua lintas agama dengan mengenakan busana khas daerah masing-masing.

Natal dalam suasana penuh kekeluargaan ini diwarnai dengan lagu-lagu daerah Manggarai yang dibawakan gabungan orangtua dan Orang Muda Katolik (OMK) Manggarai Matani, Desa Penfui Timur, Kecamatan Kupang Tengah, Kabupaten Kupang.

Pater Yoman, dalam khotbahnya, meminta IKMM Kupang untuk benar-benar mengimplementasikan Motto Natal Bersama “Neka Koas Neho Kota, Neka Behas Neho Kena”dalam komunitas ikatan keluarga yang sudah terbentuk ini.

Baca juga :  Kopdit Suka Damai Hadir di Kota Kupang

“Thema yang ditulis dalam Bahasa Manggarai ini, mau menggambarkan persekutuan yang kokoh diantara kita.  Persatuan itu bisa pecah, apabila kita memiiki motivasi-motivasi pribadi  atau keinginan pribadi  yang tidak searah dengan keinginan bersama. Persatuan dan kesatuan itu akan kokoh, apabila kita membangunnya atas dasar cinta kasih. Sebab, atas dasar kasihlah yang membuat kehidupan keluarga kita akan tetap kokoh selamanya,”pesan Pater Yoma.

Karena itu, melalui perayaan Natal Bersama ini, ia meminta IKMM Kupang , untuk memiliki komitmen bersama, dan tetap menjaga persatuan dan kesatuan yang telah dibina selama ini.

Inilah suasana Natal Bersama Ikatan Keluarga Manggarai Matani (IKMM) Kupang di Rumah Bapak Yakobus Sodanango, tepatnya di belakang Biara Karmel OCD, Desa Penfui Timur, Kecamatan Kupang Tengah, Kabupaten Kupang, Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT), Sabtu (28/12/2019) malam.

Pada tempat yang sama, Ketua IKMM Kupang, Maksi Nambut dalam sambutannya menceritakan, history terbentuknya IKMM Kupang atas inisiasi Bapak Petrus Djemadu,S.H,M.Hum bersama rekan-rekannya yang terbentuk sejak 2003, dan yang sudah bergabung baru 21 kepala keluarga (KK).

Baca juga :  SIPD Hadir Untuk Memberikan Kontribusi Positif Terhadap Pengelolaan Keuangan Daerah

Keluarga yang tergabung di dalam IKMM Kupang ini, merupakan akumulasi dari tiga kabupaten yang ada di Manggarai, yakni Manggarai Timur (Matim), Manggarai, dan Manggarai Barat (Mabar) yang berdomisili di Desa Penfui Timur, Kecamatan Kupang Tengah, Kabupaten Kupang.

Natal Bersama seperti  ini, kata Maksi,  salah satu program rutin IKMM Kupang yang dilaksanakan 2 tahun sekali dalam rangka meningkatkan semangat kebersamaan, kasih persaudaraan dan suka cita damai Natal, sekaligus momen untuk  mengajak saudara-saudara  lain yang berdomisili di tempat yang sama untuk segera bergabung.

“ Motto “Neka Koas Neho Kota, Neka Behas Neho Kena” inilah yang menjadi landasan kita untuk memperkuat kebersamaan dalam ikatan ini sejak terbentuk Tahun 2003 hingga saat ini tetap kokoh,”ujarnya.

Mengakhiri sambutannya, ia menyampaikan terima kasih sebesar-besarnya kepada Pater Yoma,CMF dan Pater Bastian yang telah memimpin Ekaristi Kudus pada perayaan Natal Bersama IKMM Kupang tahun ini.

Baca juga :  Desain Penanganan Sampah di Kota Kupang Harus Jelas

Ungkapan serupa juga disampaikan kepada   Panitia Natal Bersama IKMM Kupang yang diketuai, Philipus Jeraman, dan sekretarisnya, Yulianus N.Rango yang telah mempersiapkan semuanya, sehingga kegiatan ini berjalan dengan sukses.

Terima kasih serupa juga disampaikan kepada  anggota koor gabungan orangtua dan Orang Muda Katolik (OMK) Matani  yang telah menyumbangkan suara merdunya, sehingga menyemaraki suasana Natal Bersama tahun ini. (ade)