Di Gereja St. Kristoforus Matani, 83 Anggota THS-THM Siap Amankan Natal 2019 dan Tahun Baru 2020

KUPANG, NTT PEMBARUAN.com- Sebanyak 83 anggota THS-THM  Sub Ranting Gereja St. Kristoforus Matani, Paroki St. Yoseph Pekerja Penfui Kupang siap mengamankan Hari Raya Natal 2019 dan Tahun Baru 2020 di Gereja St.Kristoforus Matani.

“Kami akan melakukan pengamanan sejak misa malam Natal, 24 Desember 2019, Hari Raya Natal, 25 Desember 2019, Natal kedua, 26 Desember 2019, malam tutup tahun,31 Desember 2019 dan Tahun Baru, 1 Januari 2020,” kata Ketua THS-THM Sub Ranting Gereja St. Kristoforus Matani, Paroki St. Yoseph Pekerja Penfui Kupang, Petrus Usfal didampingi Ketua Panitia Natal Tahun 2019 dan Tahun Baru 2020 Gereja St. Kristoforus Matani, Paroki St. Yoseph Pekerja Penfui Kupang, Yoseph Angimoy kepada media ini disela-sela kesibukannya di  Gereja St. Kristoforus Matani, Selasa (24/12/2019).

Kata Petrus, Panitia Natal 2019 dan Tahun Baru 2020 dari  Wilayah IV tahun ini telah mempercayakan anggota THS-THM untuk mengamankan perayaan Natal 2019 dan Tahun Baru 2020.

Baca juga :  Ratusan Warga Desa Gurung Antusias Ikut Vaksinasi Covid-19

Terkait kesiapan anggotanya, Petrus mengatakan, semua anggota telah dilatih selama satu bulan untuk menjaga keamanan di dalam gereja maupun di luar gereja,sehingga suasana misa malam Natal, hari raya Natal, Natal kedua, misa malam tutup tahun dan tahun baru,1 Januari 2020 berjalan tertib dan lancar.

“Saya melatih anggota untuk disiplin dan tegas saat melakukan pengamanan di dalam gereja dan di sekeliling gereja termasuk mengarahkan umat ke tempat duduk  yang belum terisi serta mengatur parkir kendaraan roda dua dan roda empat yang sudah ditentukan,” tukasnya.

Anggotanya juga akan mengamankan bunyi –bunyi petasan saat misa berlangsung, sehingga suasana malam Natal, hari raya Natal , Natal kedua, malam tutup tahun dan tahun baru berjalan dengan penuh penghayatan dan keheningan.

Baca juga :  Antisipasi Penularan Covid-19, Semua Guru di Mabar Harus Divaksinasi

Kepada umat katolik yang datang ke gereja, ia menghimbau, untuk menempati kursi-kursi yang telah disediakan panitia,baik di dalam gereja maupun di luar gereja, sehingga tidak ada umat yang berdiri atau berkeliaran saat misa berlangsung.

Ia juga bersyukur, karena ada dua anggota Polri dari Polres Babau, Kabupaten Kupang yang ikut mengamankan perayaan Natal 2019 dan Tahun Baru 2020 di Gereja St. Kristoforus Matani.

Kepada masyarakat yang berdomisili di sekitar gereja, ia menghimbau, untuk tidak boleh membunyikan petasan dan minum-minuman beralkohol saat umat katolik merayakan  Natal dan Tahun Baru.

Persiapan Panitia Sudah Ready
Inilah kandang Natal di Gereja St. Kristoforus Matani, Paroki St. Yoseph Pekerja Penfui Kupang.

Pada tempat yang sama, Ketua Panitia Natal Tahun 2019 dan Tahun Baru 2020 Gereja St. Kristoforus Matani,  Yoseph Angimoy mengatakan, persiapan panitia pada H-1 mulai dari seksi keamanan, seksi, liturgi, seksi perlengkapan, seksi dekorasi dan lain-lain sudah ready.

Dalam rangka menyongsong Natal Tahun 2019, panitia sudah melakukan berbagai kegiatan, baik di dalam gereja maupun luar gereja dan terakhir,Senin, 23 Desember 2019, Panitia Natal 2019 dan Tahun Baru 2020 bekerjasama BFI memberikan bingkisan Natal kepada anak sekami di Gereja St. Kristoforus Matani.

Baca juga :  Terdampak Badai Seroja, 20 KK di KUB St. Ignasius dan BPA Matani Terima Bahan Bangunan dari Pemprov NTT

Sedangkan untuk keamanan,  panitia sudah mempercayakan kepada anggota THS-THM Sub Ranting Gereja St. Kristoforus Matani, Paroki St. Yoseph Pekerja Penfui Kupang dibawa koordinator,Petrus Usfal di backup oleh dua anggota Polri dari Polres Kabupaten Kupang. (ade)