KUPANG, NTT PEMBARUAN.com- Media Pendidikan Cakrawala NTT bekerjasama dengan Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan (LPMP) Nusa Tenggara Timur (NTT) menggelar Seminar Nasional Pendidikan yang berlangsung di Aula Nusantara Kantor LPMP NTT, Sabtu (30/11/2019).

Seminar Nasional Pendidikan dengan topik “Literasi dan Penguatan Pendidikan Karakter Menuju Indonesia Maju” menghadirkan 4 narasumber, yaitu Dr. I. Wayan Artika, Instruktur Literasi Tingkat Nasional, Pegiat Literasi Akar Rumput Pada Komunitas Desa Belajar Bali, sekaligus Dosen Universitas Pendidikan Ganesha Singaraja Bali, Drs. Benyamin Lola,M.Pd, Kadis P dan K NTT, Drs. H. Muhamad Irfan,M.M, Kepala LPMP NTT, Valentina L. Tanate,S.Pd, Kepala Kantor Bahasa NTT, dan Gusty Rikarno,S.Fil, Pemimpin Umum Media Pendidikan Cakrawala NTT.

Seminar yang dibuka oleh Kepala LPMP NTT, H. Muhamad Irfan, M.M ini dihadiri para guru/kepala sekolah  SD,SMP,SMA/SMK se-NTT, para pengawas sekolah, peserta didik, instansi terkait, komunitas literasi dan pers.

Baca juga :  Wagub NTT : Jabatan yang Dimiliki Harus Dibuktikan dengan Kinerja

Kepala LPMP NTT, H.Muhamad Irfan, M.M kepada wartawan di Kantor LPMP NTT, Sabtu (30/11/2019) mengatakan, seminar nasional pendidikan ini dalam rangka peringatan Hari Guru, dan Har Ulang Tahun (HUT) PGRI tanggal 25 November 2019 yang disatukan dengan HUT ke-6 Media Pendidikan Cakrawala NTT.

Pendidikan sebagai sebuah proses menuntut adanya keseimbangan dalam berbagai aspek, yakni kognitif, afektif, dan psikomotor. Dalam konteks tersebut, lanjut dia, literasi disadari sebuah jalan dalam menumbuhkan budi pekerti generasi masa depan bangsa, terutama literasi baca tulis sebagai literasi dasar dinilai memegang peran yang sangat penting dalam mendukung tercapainya tujuan pendidikan yakni lahirnya manusia Indonesia yang unggul dalam kognitif, ketrampilan dan karakter.

Baca juga :  KM Lexxy Terbakar di Labuan Bajo, 20 Penumpang, 1 Kapten dan 8 ABK Selamat

Tema peringatan Hari Guru Nasional Tahun 2019 adalah “Guru Penggerak Indonesia Maju”. Tema ini menegaskan peran strategis guru dalam pembangunan Indonesia, terutama pembangunan SDM.

Berdasarkan tema tersebut dan arahan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan terkait pelaksanaan Hari Guru, maka LPMP NTT menggelar Seminar Nasional Pendidikan dengan tema, “Literasi dan Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) Menuju Indonesia Maju”.

 

Peserta yang mengikuti seminar nasional pendidikan di Aula Nusantara Kantor LPMP NTT, Sabtu (30/11/2019).

Melalui kegiatan ini, ia berharap, dapat melahirkan kesadaran bersama akan pentingnya literasi dan PPK dalam pembangunan bangsa.  Seminar ini bertujuan, mengakarkan budaya literasi di lingkungan sekolah dan masyarakat secara luas, membangun kesadaran akan pentingnya PPK di lingkungan sekolah dan masyarakat secara luas, dan meningkatkan kompetensi akademik dan ketrampilan guru sebagai penggerak utama literasi dan PPK.

Baca juga :  Terkonfirmasi Positif Covid-19, Uskup Ruteng Diterbangkan ke Jakarta

Hasil yang diharapkan, peserta mendapat bekal tentang literasi dan PPK, guru dapat menjadi penggerak literasi dan PPK di sekolah, peserta didik dapat menjadikan literasi sebagai budaya dalam mempersiapkan dirinya sebagai generasi masa depan Indonesia.

Seminar Nasional Pendidikan dalam rangka Hari Guru dan HUT PGRI Tahun 2019 yang digelar LPMP NTT merupakan bentuk nyata kesadaran LPMP NTT dalam mengapresiasi keberadaan dan peran guru dalam pembangunan SDM Indonesia . (ade)