Tahun 2019, Jumlah Kunjungan ke TNK Naik 10 Persen

LABUAN BAJO, NTT PEMBARUAN.com- Jumlah kunjungan ke Taman Nasional Komodo (TNK) Labuan Bajo, Kabupaten Manggarai Barat, Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) pada September 2019 sebanyak 160.237, naik sebesar 10 persen dibanding Tahun 2020.

Hal itu dikemukakan Kepala Tata Usaha (KTU) Taman Nasional Komodo (TNK) Labuan Bajo, Kabupaten Manggarai Barat, Dwi Putro, S.Hut kepada media ini di Labuan Bajo, Senin (25/11/2019). Terkait tarif masuk, ia menyebutkan, untuk sementara tarifnya belum naik atau masih menggunakan tarif lama. Tarif masuk yang masih berlaku hingga saat ini masing-masing, untuk wisatawan mancanegara (Wisman) sebesar Rp 150.000/orang/hari, dan wisatawan nusantara ( Wisnus) sebesar Rp 5.000/orang/hari.

Pintu masuk Taman Nasional Komodo, Kabupaten Manggarai Barat, Provinsi Nusa Tenggara Timur

Sementara tarif masuk pada hari libur untuk Warga Negara Asing (WNA) sebesar Rp 22.500/orang/hari, dan WNI (Wisnus) sebesar Rp 7.500/orang/hari plus tiket pengamatan kehidupan liar sebesar Rp 10.000/orang/kegiatan. Fasilitas yang tersedia di TNK seperti air bersih, penerangan listrik,toilet, cafe, tempat peristirahatan tamu/tempat singgah, jalan treking dan dermaga.

Baca juga :  33 Anak Calon Sambut Baru di Gereja St.Kristoforus Matani Terima Sakramen Pengakuan

Sedangkan untuk tempat penginapan di lokasi TNK tidak disediakan, kecuali khusus bagi peneliti dan petugas TNK. Untuk memberi pengamanan kepada pengunjung, lanjut dia, setiap hari dilakukan pembersihan sampah dan menyiapkan natural gaid yang sudah terlatih untuk menjelaskan secara history tentang binatang langka komodo dan TNK secara keseluruhan. Wisman yang terbanyak datang ke TNK tahun ini dari Eropa (Italia dan Jerman), Australia dan Amerika. (ade)

Komentar