1.681 SR Akan Dibangun di Mabar Tahun 2020

LABUAN BAJO, NTT PEMBARUAN.com- Menurut rencana, Tahun 2020 Dinas Perumahan Rakyat, Kawasan Permukiman dan Pertanahan Kabupaten Manggarai Barat akan membangun 1.681 sambungan rumah (SR).

Jumlah itu tersebar di Desa Rego, 250 SR dan Desa Tangker, Kecamatan Macang Pacar, 261 SR. Selanjutnya, Desa Golo Ronggot, Kecamatan Welak, 420 SR dan dalam bentuk program Pamsismas, 750 SR tersebar di 12 kecamatan di Mabar.

“Kita akan prioritaskan desa-desa yang rawan air bersih,” kata Kepala Bidang Air Bersih dan Penyehatan Lingkungan Dinas Perumahan Rakyat, Kawasan Permukiman dan Pertanahan Kabupaten Manggarai Barat, Jhon Stat kepada media ini di Labuan Bajo, Senin (26/11/2019).

Sedangkan untuk pembangunan air bersih di Desa Rego dan Desa Wontong, Kecamatan Macang Pacar, kata Jhon, akan dialokasikan melalui dana alokasi khusus (DAK).Afirmasi 2020. Untuk dua desa itu, lanjut dia, diambil dari sumber mata air Nara yang ada di Desa Rego.

Baca juga :  IIKPA Batara PT. BTN Sumbang Sembako Bagi Masyarakat Terdampak Siklon Seroja di Kabupaten Kupang

Terkait keluhan masyarakat soal pembangunan mesin pompa air di Nara Tahun 2015 yang tidak berfungsi hingga hari ini, kata Jhon, itu bukan dibangun oleh instansinya. Dinas Perumahan Rakyat, Kawasan Permukiman dan Pertanahan Mabar baru terbentuk 2017.

Namun demikian, ia tetap melakukan pembenahan terhadap mesin pompa air yang belum berfungsi itu untuk difungsikan sesuai peruntukannya nanti, janji Jhon. (ade)