Mubazir, Pembangunan Pompa Air di Desa Rego

LABUAN BAJO, NTT PEMBARUAN.com – Pembangunan mesin pompa air di Kampung Nara, Desa Rego, Kecamatan Macang Pacar, Kabupaten Manggarai Barat (Mabar), Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) Tahun 2015 mubazir karena tidak pernah dimanfaat oleh masyarakat hingga saat ini.

Pembangunan mesin pompa air yang dikerjakan Dinas Perumahan Rakyat, Kawasan Permukiman dan Pertanahan Kabupaten Manggarai Barat Tahun 2015 itu tujuannya untuk memenuhi kebutuhan air bersih bagi masyarakat di beberapa kampung di Desa Wontong, Kecamatan Macang Pacar.

Tetapi, sampai sekarang air tersebut belum dimanfaatkan oleh masyarakat, kata Leksi, salah satu Warga Desa Wontong kepada media ini di Labuan Bajo, Rabu (20/11/2019).

Belum difungsinya mesin pompa air itu, menurut asumsi Leksi, kemungkinan karena kolam utama penampungan airnya ukuran terlalu kecil. Sementara penampungan distribusi terlalu jauh dan berada di ketinggian atau tidak sesuai dengan kemampuan mesin pompa yang hanya berkapasitas 11 KW, setara dengan 11.000 Watt.

Baca juga :  Bupati Nagekeo Sambangi Komunitas Wisata Gua Jepang Rane

Karena itu, solusinya, menurut dia, perlu ada penambahan satu unit mesin pompa air dengan kapasitas 11– 20 KW dengan spesifikasi pompa tekanan tinggi atau multi stake. Selain itu, masyarakat juga mengeluh terkait pembangunan Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA) yang hanya bisa digunakan pada musim hujan.

Sedangkan pada musim kemarau tidak bisa digunakan karena debit airnya turun. Mengantisipasi hal itu, maka perlu dibelikan satu unit mesin genzet dengan kapasitas 200 KVA atau setara dengan 160 KW. (ade)