Pengerjaan Ruas Jalan Golo Welu – Orong Dilanjutkan Tahun 2020

LABUAN BAJO, NTT PEMBARUAN.com- Pengerjaan lanjutan ruas jalan kabupaten Golo Welu – Orong, Kabupaten Manggarai Barat ( Mabar), Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) akan dilanjutkan Tahun 2020 mendatang.

Paket Golo Welu – Orong ini sudah dikerjakan Tahun 2018 lalu dari Suka, Kecamatan Kuwus hingga Desa Gurung, Kecamatan Welak. “Kami sudah usulkan untuk lanjut dari Gurung sampai Orong dengan anggaran sebesar Rp 2 miliar, tetapi saat dilelangkan tidak ada rekanan yang berminat,” kata Tarsi Gonza, Sekretaris Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Manggarai Barat (Mabar) kepada NTT PEMBARUAN.com di Labuan Bajo, Selasa (19/11/2019).

Tahun 2020, pihaknya akan mengusulkan anggaran sebesar Rp 7 miliar untuk pembangunan lanjutan paket Golo Welu – Orong bersumber dari dana alokasi khusus (DAK) dan mudah – mudahan mendapat respon dari DPRD setempat.

Baca juga :  KPU Sumba Barat Tetapkan 82.649 Pemilih Tetap

Pekerjaan infrastruktur jalan kabupaten lain yang menjadi prioritas tahun depan, yakni ruas jalan Wol – Datak – Semang dianggarkan sebesar Rp 22 miliar dari DAK dan satu paket jembatan Wae Konang dengan anggaran sebesar Rp 4 miliar.

Sedangkan, untuk tahun ini di Bidang Bina Marga sendiri mengerjakan 150 paket jalan kabupaten baik dalam bentuk HRS maupun lapen dengan progress rata-rata 70 persen. Dari 150 paket itu, terbanyak di Kecamatan Komodo.

Lalu mengapa Kecamatan Komodo dominasi pembangunan infrastruktur jalan, kata dia, karena lebih banyak daerah destinasi wisatanya. Di Kota Labuan Bajo, lanjut dia, setiap tahun dilakukan peningkatan dan pemeliharaan jalan. ” Tahun ini, kita anggarkan sebesar Rp 19 miliar, dan tahun depan naik sebesar Rp 22 miliar bersumber dari dana Program Hibah Jalan Daerah ( PHJD),” urainya. (ade)