Lawan Jalur, Puluhan Kendaraan Roda Dua Ditilang di Labuan Bajo

LABUAN BAJO, NTT PEMBARUAN.com- Karena melawan jalur, puluhan kendaraan roda dua ditilang Satuan Lalulintas (Satlantas) Polres Manggarai Barat, tepatnya di dekat Pasar Wae Kesambi, Kelurahan Batu Cermin, Kota Labuan Bajo, Senin (18/11/2019).

Kasat Lantas Polrtes Manggarai Barat, IPTU Firamuddin kepada media ini di sela-sela penilangan itu menjelaskan, sistem satu jalur untuk ruas jalan Patung Caci – lokasi destinasi wisata Batu Cermin sudah diberlakukan sejak tahun lalu. Pemberlakuan satu jalur ini diawali dengan sosialisasi yang dilakukan Satlantas Polres Mabar dengan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Mabar melalui Dinas Perhubungan Mabar kepada masyarakat selama tiga bulan.

Ide itu berawal dari kesemrawutan kendaraan roda dua dan roda empat parkir tidak beraturan di sepanjang bahu kiri kanan jalan di depan Pasar Wae Kesambi, Kelurahan Batu Cermin sehingga menimbulkan kemacetan arus lalu lintas di lokasi itu. “Atas dasar itulah, kami melakukan rekayasa lalu lintas pengguna jalan dengan sistem satu jalur dari Patung Caci menuju Pasar Wae Kesambi, Kelurahan Batu Cermin. Sedangkan, dari Batu Cermin menuju Patung Caci tidak diperbolehkan, tetapi melewati jalan Poros Tengah Kampung Wae Kesambi maupun jalur lapangan Wae Kesambi,” jelas dia.

Baca juga :  Bupati Kupang Terima Bantuan dari GBIS Jemaat Miracle Kupang

Terkait sistem satu jalur di ruas jalan itu, lanjutnya lagi, sudah ada pemasangan rambu lalu lintas sebagai tanda larangan. Walaupun sudah ada pemasangan rambu lalu lintas, tetapi masyarakat tetap saja melakukan pelanggaran. Kepada mereka yang melanggar jalur dikenakan pasal 287 Undang-Undang (UU) Nomor : 2 Tahun 2009 dengan denda sebesar Rp 250.000 yang disidangkan di Pengadilan Negeri Labuan Bajo nanti, tutupnya. (ade)