Diduga Pilot Serangan Jantung, Pesawat Batik Air Mendarat Darurat di Bandara El Tari Kupang

KUPANG, NTT PEMBARUAN.com- Pesawat Batik Air Seri A-320 dengan kode penerbangan ID 6558 rute Kupang- Jakarta mendarat darurat di Bandara El Tari Kupang, Minggu (17/11/2019) sekitar pukul 12.30 Wita.

Pesawat tersebut landing hingga ujung landasan sebelum berhenti dalam keadaan mati mesin. Pesawat sempat beberapa saat berada di ujung landasan, sehingga menyebabkan pesawat lain tertunda untuk melakukan pendaratan.

Libby Sinlaeloe, salah satu penumpang pesawat Batik Air rute Kupang – Jakarta kepada wartawan di Kupang mengatakan, para penumpang sempat panik karena pesawat tersebut mendarat darurat di ujung landasan Bandara El Tari Kupang.

Walaupun panik, semua penumpang dalam keadaan aman. Berdasarkan informasi yang berkembang di dalam pesawat, kata Libby, ketika pesawat tersebut landing samp di jalur, pilot tiba-tiba mengalami serangan jantung sehingga pesawat tersebut berhenti di ujung landasan.

Baca juga :  Samuel Bia Hilang Saat Mencari Ikan di Pantai Boking

Selanjutnya, ia menjelaskan, saat itu co-pilot kemudian mengambil alih kemudi untuk mengevakuasi pesawat ke apron bandara. Kemudian pilot dievakuasi menuju Rumah Sakit Siloam Kupang untuk mendapat perawatan medis.

Secara terpisah, Direktur Eksekutif RS Siloam Kupang, dr. Hans Lie saat dikonfirmasi wartawan membenarkan pasien pilot pesawat Batik Air dibawa ke RS Siloam. Kata Hans, pilot tersebut mendapat perawatan medis di RS Siloam yang dipimpinnya. Dokter enggan menyebutkan pilot Batik Air menderita serangan jantung, namun ia mengatakan, pilot dibawa dalam keadaan sadar. (ade)