Di Mabar, BNNP NTT Tangkap Tiga Tsk Peredaran Gelap Narkotika

KUPANG, NTT PEMBARUAN.com-, Badan Narkotika Nasional Provinsi Nusa Tenggara Timur (BNNP NTT) telah menangkap tiga tersangka (tsk) peredaran gelap narkotika di Kabupaten Manggarai Barat (Mabar).

Ketiga tersangka tersebut masing-masing berinisial M.T, T.A.T dan S.L, ungkap Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Bidang Pembrantasan BNNP NTT, Ny. Yuli Beribe kepada wartawan di Kantor BNNP setempat, Kamis (14/11/2019).

Beribe mengatakan, dalam tahun ini BNNP NTT melalui Bidang Pembrantasan berhasil menangkap dan menahan tiga tsk narkotika dan itu telah memenuhi target. Barang bukti (BB) yang berhasil disita dari para tsk antara lain, 1 paket narkotika jenis methamfetamin atau shabu dengan berat 0,0078 gram yang sudah melalui uji laboratorium.

Baca juga :  Edu Nabunome Telah Mengharumkan Nama NTT dan Indonesia di Bidang Olahraga

BB lain berupa 3 batang pipet kaca atau pirex dan beberapa BB lainnya. Ketiga tsk yang ditangkap di Mabar itu, kata Yuli, masing-masing tsk berinisial M.T dijerat pasal 114 ayat (1), pasal 112 ayat (1), dan pasal 127 ayat (1) huruf A UU Nomor 35 Tahun 2009 tentang narkotika. Selanjutnya, tsk T.A.T dijerat pasal 114 ayat (1) dan pasal 112 ayat (1) UU Nomor 35 Tahun 2009 tentang narkotika, sedangkan tsk S.L dijerat pasal 114 ayat (1), pasal 112 ayat (1) dan pasal 127 ayat (1) huruf A UU Nomor 35 Tahun 2009 tentang narkotika.

Yuli menyebutkan, penangkapan tiga tsk berlangsung pada Jumat, 21 Juni 2019 di Pelabuhan Labuan Bajo, Kabupaten Manggarai Barat, Ujung Barat Pulau Flores, Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT).

Baca juga :  Bupati Nagekeo Sambangi Komunitas Wisata Gua Jepang Rane

Selanjutnya, ia mengatakan, dari ketiga tsk itu, duanya ditangkap oleh petugas BNNP NTT di Pelabuhan Labuan Bajo, Kabupaten Manggarai Barat, dan satunya lagi ditangkap di Surabaya, Provinsi Jawa Timur (Jatim). Dari ketiga tsk tersebut, dua orang laki-laki dan satu orang perempuan.

Yuli mengatakan, dalam upaya melakukan pencegahan dan pembrantasan penyalahgunaan dan peredaran gelap narkotika, BNNP NTT menghimbau kepada masyarakat NTT untuk bekerja sama dalam hal mendukung BNNP NTT dalam melaksanakan tugas pembrantasan segala bentuk tindak pidana penyalahgunaan dan peredaran gelap narkotika.

Dimana ketika masyarakat mengetahui adanya peredaran gelap narkotika di masyarakat maupun lingkungan tempat tinggal masing–masing langsung melaporkan kepada BNNP NTT.(ade)