PTSL 2019, NTT Urutan Kedua Tercepat Nasional

KUPANG, NTT PEMBARUAN.com- Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) masuk urutan kedua tingkat nasional untuk penyelesaian tercepat Pendaftaran Tanah Sistimatis Lengkap (PTSL) Tahun 2019.

“Tahun 2019 , kita target 91.000 bidang tanah di NTT, dan  yang sudah  disertifikasi sebanyak  68.735 sertifikat tersebar di 22 kabupaten/kota di NTT atau realisasinya sudah mencapai 100 persen,” kata Sekretaris Kantor Wilayah Badan Pertanahan Nasional (BPN) Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT), Azis B kepada wartawan di Kupang, Senin (11/11/2019).

Secara simbolis sudah dilakukan penyerahan serfitikat tanahnya  kepada masyarakat NTT saat Presiden Joko Widodo melakukan kunjungan kerja (Kunker) halaman Kantor Bupati Kupang di Oelamasi, belum lama ini.

“Kita harus bangga karena NTT berada di urutan kedua tingkat nasional, setelah Provinsi Jawa Tengah (Jateng) untuk pencapaian PTSLTahun 2019. Atas prestasi itu, pemerintah pusat akan memberikan penghargaan nanti,” kata Azis dengan nada senyum.

Baca juga :  Hari Ini Gubernur Buka MUSDA Pramuka NTT

Menurut rencana, tanggal 18 November 2019 ini akan dilakukan  penyerahan sertifikat tanah kepada masyarakat Rote Ndao yang diserahkan secara simbolis oleh Bupati Rote Ndao di Nemralala yang dihadiri Kakanwil BPN Provinsi NTT nanti.

Terkait kendala yang ditemui saat pendataan di lapangan, kata Azis, kendalanya hanya seputara penanaman tanda batas karena itu tidak dibiayai oleh negara atau ditanggung sendiri oleh pemilik lahan.

Menurut dia, kalau tidak memiliki tanda batas sangat menyulitkan petugas pendataan di lapangan saat melakukan sertifikasi tanah, dan lebih sulit lagi kalau saat pendataan, pemilik lahan tidak berada di tempat. (ade)