Oktober 2019, NTT Mengalami Inflasi 0,11 Persen

KUPANG, NTT PEMBARUAN.com- Oktober 2019, kota-kota di Nusa Tenggara Timur (NTT) mengalami inflasi sebesar 0,11 persen dengan Indeks Harga  Konsumen (IHK) sebesar 134,09. Kota Kupang, Ibu Kota Provinsi NTT mengalami inflasi sebesar 0,08 persen, sedangkan Kota Maumere mengalami inflasi sebesar 0,31 persen.

Perkembangan harga di NTT itu disampaikan Kepala Badan Pusat Statistik Provinsi Nusa Tenggara Timur (BPS NTT), Darwis Sitorus didampingi Kabid Statistik Distribusi, Demarce M.Sabuna dan Kabid Statistik Produksi, Sofan kepada wartawan dan sejumlah instansi terkait di ruang rapat lantai II BPS setempat, Jumat (1/11/2019).

Hadir juga dalam jumpa pers itu, Kepala  Badan Pusat Statistik (BPS) Kota Kupang, Ramly  Kusumo, Kabid Statistik Sosial BPS NTT, Desmon Sinurat, dan  Kabid IPDS BPS NTT, Tio Faryda.

Baca juga :  KPUD Nagekeo Gelar Rapat Pleno Penetapan Daftar Pemilih Berkelanjutan

Inflasi Oktober 2019 di NTT, kata Darwis, terjadi karena adanya kenaikan indeks harga pada 5 kelompok pengeluaran, dimana kelompok pengeluaran yang mengalami kenaikan indeks harga terbesar adalah kelompok bahan makanan naik sebesar 0,20 persen diikuti oleh kelompok makanan jadi sebesar 0,13 persen.

Sementara kelompok sandang dan pendidikan mengalami penurunan indeks harga sebesar 0,08 persen dan 0,02 persen.  Selanjutnya, ia menyebutkan, pada Oktober 2019, dari 82 kota sampel IHK Nasional, 43 kota mengalami inflasi dan 39 kota mengalami deflasi.

Inflasi tertinggi terjadi di Kota Manado sebesar 1,22 persen, dan terendah terjadi di Kota Ternate, Tual dan Pematang Siantar dengan inflasi sebesar 0,01 persen, sedangkan deflasi tertinggi terjadi di Kota Balik Papan sebesar  0,69 persen dan deflasi terendah terjadi di Kota Palopo sebesar 0,01 persen. (ade)