Wabup Kupang Titipkan Lima Tips Gaya Pengusaha Pada Pemuda Gatra Tarus

KUPANG, NTT PEMBARUAN.com- Wakil Bupati Kupang, Jerry Manafe menitipkan lima tips gaya hidup menjadi pengusaha pada kelompok pemuda Gatra 19 Tarus yang telah mengikuti pembekalan wirausaha tenaga kerja mandiri selama 3 hari terhitung sejak 26—28 September 2019 di Kantor Lurah Tarus, Kecamatan Kupang Tengah, Kabupaten Kupang, Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT).

Lima  tips gaya hidup pengusaha itu disampaikan Wabup Manafe saat menutup kegiatan pembekalan wirausaha tenaga kerja mandiri bagi 20 anggota kelompok pemuda Gatra 19 Tarus di Kantor Lurah Tarus, Kecamatan Kupang Tengah, Kabupaten Kupang, Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT), Senin (30/9/2019).

Pertama, menjadi pengusaha tidak boleh sombong. Kalau orang sombong itu tandanya dia bukan pengusaha, tetapi orang yang tidak berhasil. Kedua, menjadi pengusaha harus memanfaatkan setiap momen atau setiap kesempatan yang ada.

Ketiga, menjadi pengusaha harus banyak teman. “Kita  harus memiliki jejaring sosial (social network), karena kita di dunia ini tidak bisa hidup sendiri tanpa orang lain,” ujarnya. Keempat, menjadi pengusaha harus bisa bekerjasama dan mampu mengusai IT. “Kalau tidak bekerjasama tidak mungkin kita berhasil,” kata Mantan Anggota DPRD Kabupaten Kupang ini.

Kelima, sebagai pengusaha jangan tutup mata. “Kita harus melihat perkembangan yang terjadi di sekitar kita,  dan pemasarannya, sehingga hasil usaha kita bisa laku terjual,” kata mantan pengusaha ini.

Oleh karena usaha yang dilakukan kelompok pemuda Gatra 19 Tarus terdiri dari berbagai karakter maka perlu terus dipupuk rasa kebersamaan, satu hati, satu rasa, integritas diri atau satu kata dan perbuatan, senasip seperjuangan, saling melengkapi atau komplenter, sehingga terwujudnya solidaritas kelompok yang profesional di bawah bimbingan camat, lurah dan Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Kupang.

Baca juga :  Gunung Api Ile Lewotolok Meletus, Tidak Ada Korban dan 4.483 Jiwa Mengungsi

Kepada kelompok pemuda Gatra 19 Tarus, ia mendorong untuk terus meningkatkan jiwa kewirausahaan dengan mempelajari berbagai literasi terkait jenis usaha yang diikuti, sehingga tetap terjaga kualitas hasil dan nilai tambah yang didapat.

Hal lain yang ditekan Wabup Jerry, untuk terus membangun jejaring kerja atau network  agar mendapat dukungan dari semua pihak, baik pemerintah, swasta, perbankan maupun masyarakat.

Selain itu, manfaatkan segala fasilitas usaha yang diberikan pemerintah untuk menghasilkan produk yang bermutu,namun berciri khas, sehingga menjadi ikon galeri Gatra 19 Tarus yang selama ini didambakan bersama.

Berbicara kreasi seni, bagi Wabup Manafe, tidak hanya membutuhkan tenaga, tetapi membutuhkan pikiran, membutuhkan telaten, membutuhkan ketelitian, dan juga membutuhkan kesabaran.

Kurangi Masalah Pengangguran
Wakil Bupati Kupang, Jerry Manafe didampingi Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Kupang, Khris Koroh saat melihat hasil karya kelompok pemuda Gatra 19 Tarus di Kantor Lurah Tarus, Kecamatan Kupang Tengah, Kabupaten Kupang, Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT), Senin (30/9/2019)

Sebelumnya, Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Kupang, Khris Koroh kepada wartawan media ini menjelaskan, pembekalan wirausaha tenaga kerja mandiri (TKM) yang diikuti 20 orang kelompok pemuda Gatra 19 Tarus ini dalam rangka untuk mengurangi masalah pengangguran di Kabupaten Kupang yang saat ini jumlahnya lebih kurang 9000 orang penganggur.

Baca juga :  Wabup Kupang : Manfaatkan Dana Desa Sesuai APBDes

Untuk mengatasi masalah itu, maka pemerintah pusat menetapkan program peningkatan kesempatan kerja bagi pencari kerja atau yang sedang merintis suatu usaha sebagai program prioritas pada tahun 2019 melalui pemerintah kabupaten (Pemkab) Kupang mendapatkan alokasi 3 paket bantuan fasilitas usaha skala kecil bagi kelompok usaha pemula yang berbakat dan anggotanya terdiri dari para pencari kerja.

Kelompok pemuda kreatif Gatra Tarus, menurut dia, salah satu kelompok yang memenuhi kriteria setelah melewati proses identifikasi dan verifikasi untuk mendapatkan bantuan program ini.

Kegiatan yang dilaksanakan meliputi, pembekalan wirausaha, praktek pembuatan produk, pemberian fasilitas usaha, dan selanjutnya akan dilakukan pendampingan selama 3 bulan sampai dengan Desember 2019.

Kegiatan ini bertujuan, untuk menciptakan wirausaha baru dalam rangka mengurangi pengangguran, dengan sasarannya adalah pencari kerja yang memiliki ketrampilan dasar dan jiwa wirausaha yang tergabung dalam satu kelompok yang sedang merintis usaha di berbagai bidang usaha serta berpeluang menyerap tenaga kerja mandiri yang bersumber dari Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN) Murni 2019.

Bantuan yang diberikan oleh pemerintah  sesuai dengan proposal yang diajukan oleh kelompok pemuda Gatra 19 Tarus, seperti kompresor, laptop, printer, alat bor, gergaji listrik,  dan uang transport kepada para peserta.

Sementara itu, Lurah Tarus, Soleman Lakabela berterima kasih kepada Pemkab Kupang melalui Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Kupang yang telah merespon proposal yang diajukan kelompok pemuda Gatra 19 Tarus yang merupakan pemuda Karang Taruna Tarus.

Baca juga :  PLN Tanam 2.200 Anakan Pohon di Dua Desa di Kabupaten Kupang

“Ini sebagai bentuk upaya nyata dari Dinas Nakertrans Kabupaten Kupang, khususnya sub kelompok Bengkel Kreatif Tarus yang telah mengajukan proposal ke Dinas Nakertrans Kabupaten Kupang dengan kegiatan awalnya persiapan Sumber Daya Manusia (SDM) melaui pelatihan selama 3 hari di Kantor Lurah Tarus,” tukasnya.

Soleman menyebutkan, kelompok pemuda Gatra 19 Kelurahan Tarus itu sendiri berjumlah 89 orang anggota. Dari jumlah itu, dibuat sub-sub kelompok lagi yang memiliki keahlian khusus di bidang Bengkel Kreatif, pengolahan pangan lokal, kerajinan tangan, dan  bidang peternakan.

“Kami bersyukur  karena ada sambutan baik dari  Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Kupang dalam bentuk bantuan fasilitas untuk menunjang usaha kreatif kelompok pemuda Gatra 19 Tarus ke depan,” tutupnya.

Hadir dalam penutupan itu, Ketua Panitia Pembekalan Wirausaha Tenaga Kerja Mandiri Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Kupang, Ny. Maria Margaretha,S.E, Kapolsek Kupang Tengah, IPTU Sjalom A. Rohi, sejumlah pegawai dari Kecamatan Kupang Tengah, dan para pegawai Lurah Tarus. (ade)