AMK Demo Tolak RKUHP dan Revisi UU KPK

KUPANG, NTT PEMBARUAN.com- Ratusan mahasiswa di Kota Kupang yang tergabung dalam Aliansi Mahasiswa Kupang (AMK) menggelar aksi demonstrasi menolak RKUHP dan revisi UU KPK, Kamis (26/9/2019) pagi.

Aksi aliansi mahasiswa ini dimulai jam 08.00 Wita dengan melakukan longmarch dari Bundaran Patung Tirosa, Kota Baru Kupang  menuju Gedung Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT).

Dalam  itu, AMK menolak RKUHP, revisi UU KPK, mengecam tindakan represif oknum polisi terhadap masa aksi di kota-kota lain dan menghimbau masyarakat Indonesia agar tidak menggunakan ujaran bernuansa SARA dan tindakan diskriminatif terhadap sesama anak bangsa.

Tuntutan tersebut disampaikan secara bergantian oleh para orator yang berasal dari berbagai universitas di Kota Kupang dengan menggunakan pengeras suara dari atas mobil yang mereka tumpangi.

Baca juga :  Jumlah Pasien Covid-19 Meninggal di Manggarai 24 Orang

Sepanjang jalan, para mahasiswa ini menyanyikan yel-yel, nyanyian perjuangan sambil membawa baliho dan poster  yang bertuliskan tuntutan mereka. Demonstrasi para mahasiswa ini sempat mengundang perhatian publik yang melintas di sepanjang  jalan yang mereka lewati.

Nampak, puluhan personel kepolisian dikerahkan untuk mengawal jalannya aksi damai ini. Arus lalu lintas sempat ditutup karena masa yang melakukan aksi memenuhi seluruh badan jalan. (ade)