Kepala BNNP NTT Diundang ke Timor Leste

KUPANG, NTT PEMBARUAN.com- Kepala Badan Narkotika Nasional Provinsi Nusa Tenggara Timur (BNNP NTT), Teguh Iman Wahyudi,S.H.,M.M diundang oleh Pemerintah Negara Timor Leste untuk melakukan tukar pengalaman dan sharing terkait pengedaran gelap narkotika.

“Hari ini (Kamis, 19/9/2019,red), kami didatangi Pemerintah Timor Leste melalui Badan Narkotikanya untuk mengundang kami ke Dili pada tanggal 27 September 2019 untuk sharing atau tukar pengalaman dan informasi, khususnya terkait dengan penyalahgunaan dan pengedaran narkoba,” kata   Kepala Badan Narkotika Nasional Provinsi Nusa Tenggara Timur (BNNP NTT), Teguh Iman Wahyudi,S.H.,M.M kepada wartawan di Kantor BNNP NTT, Kamis (19/9/2019).

Kata Teguh,  selama ini, Timor Leste sebagai daerah transit pengedaran gelap narkotika  dari Cina dan Singapura menuju ke Indonesia melalui jalan darat. Salah satu contohnya pada saat bulan puasa tahun ini, sepasang suami istri tertangkap membawa 4.824 pil esktase dari Timor Leste tujuan Indonesia di pintu masuk Mota’ain, Kabupaten Belu.

Baca juga :  Pentingnya Kolaborasi Keberhasilan Program TJPS

Teguh mengatakan, UU narkotika di Timor Leste sebagiannya masih menggunakan produk hukum Indonesia yang lama, yaitu UU Nomor 22 tahun 1997 dipilahkan menjadi dua, dimana psikotropikanya tersendiri dan narkotika tersendiri.

Sementara Undang-Undang (UU) Indonesia yang baru Nomor : 35 tahun 2009 tentang narkotika sudah digabung menjadi satu dengan sebutan narkotika. Ia juga berencana untuk melakukan silahturahmi ke sejumlah redaksi media cetak di Kota Kupang sekaligus melakukan sosialisasi terkait pencegahan dan penyalahgunaan narkotika dalam waktu dekat ini.  (ade)