UT Kembangkan Tiga Bentuk Literasi

KUPANG, NTT PEMBARUAN.com- Universitas Terbuka (UT) sedang mengembangkan tiga bentuk literasi, pertama, literasi data, dimana mahasiswa harus memahami data, kedua literasi digital, dimana mahasiswa wajib menguasai teknologi informasi dan ketiga, literasi kemanusiaan yang pendekatannya secara kemanusiaan.

Hal itu disampaikan Direktur Universitas Terbuka  Kupang, Drs. Yos Sudarso didampingi Dekan Fakultas Ekonomi UT Kupang, Dr. Ali Muktiyanto,SE,M.Si saat memberikan memberikan keterangan pers usai upacara penyerahan ijazah dan pelepasan lulusan (UPI) periode II T.A 2019/2020 Universitas Terbuka UPBJJ-UT Kupang di Grand Mutiara Kupang, Selasa (17/9/2019).

“Kita menyiapkan semua fasilitas supaya mahasiswa bisa belajar dengan gayanya sendiri mulai dari berbasis data maupun digital. Kalau mahasiswanya tidak terbiasa menggunakan sistem digital, kita siapkan bahan ajar dalam bentuk dicetak,” ungkapnya.

Dalam skema pengembangan UT, akan mengarah semua fasilitas pelajarannya  dalam bentuk digital sehingga lambat laun akan menjadi terbiasa. Layanan UT ini juga, kata Yos, tidak saja di dalam negeri tetapi juga di berapa negara lainnya di luar negeri termasuk Negara Timor Leste.

Untuk Negara Timor Leste, Yos sendiri sudah membicarakannya dengan Kedutaan Besar Republik Indonesia KBRI-nya, dan KBRI siap memfasilitasinya.  Ia menyebutkan, ada 9 orang mahasiswa asal Timor Leste yang tinggal di perbatasan Mota’ain mengikuti program UT. (ade)

Baca juga :  35 Pelaku UKM di Mabar Dapat Bantuan Kredit Tanpa Agunan dan Bunga Bank NTT