Habel Mbate, Ketua Sementara DPRD Kabupaten Kupang

OELAMASI, NTT PEMBARUAN.com- Habel Nixon Mbate dari Partai Golkar diangkat sebagai Ketua Sementara DPRD Kabupaten Kupang dan Wakil Ketua DPRD Kabupaten Kupang, Sofia Malelak de Haan dari Partai NasDem sekaligus menjadi pimpinan tetap.

Keduanya, diangkat dalam rapat paripurna pengucapan sumpah/janji DPRD Kabupaten Kupang masa jabatan 2019—2024 yang berlangsung di ruang sidang dewan lantai I Gedung DPRD Kabupaten Kupang di Oelamasi, Senin (9/9/2019).

Selanjutnya, penyerahan palu sidang pimpinan dari Ketua DPRD Kabupaten Kupang periode 2014-2019, Yosef Lede kepada Ketua Sementara DPRD Kabupaten Kupang, Habel Mbate sekaligus menempati podium bersama bupati dan wabup.

Dalam rapat paripurna itu juga, 40 anggota DPRD Kabupaten Kupang masa jabatan 2019–2024 telah mengucapkan sumpah/janji di hadapan Ketua Pengadilan Negeri Oelamasi, Decki Ariyanto Save Nitbani, SH, MH.

Baca juga :  Pedagang Pasar Danga Terkonfirmasi Positif Covid-19

40 anggota DPRD yang telah dilantik dan diambil sumpah itu terdiri dari Partai NasDem, 5 kursi, Golkar, 5 kursi, PDIP, 4 kursi, PKB, 4 kursi, PAN, 4 kursi, Demokrat, 4 kursi, Gerindra, 3 kursi, Hanura, 3 kursi, PKPI, 3 kursi, Perindo, 2 kursi, PBB, 2 kursi dan PSI, 1 kursi.

Habel Mbate dalam pidato perdananya meminta dukungan semua pihak, seperti eksekutif, tokoh masyarakat, LSM dan unsur lainnya untuk sama-sama membangun Kabupaten Kupang menuju masyarakat sejahtera. Habel meminta seluruh anggota dewan untuk bekerjasama dengan pemerintah dalam memperjuangkan aspirasi  masyarakat Kabupaten Kupang.

Sementara Gubernur NTT, Viktor Laiskodat dalam sambutan tertulisnya yang dibacakan Bupati Kupang, Korinus Masneno menekankan, tiga fungsi DPRD, yakni fungsi legislasi, fungsi anggaran dan pengawasan harus dijalan dengan baik.

Baca juga :  Wagub NTT : Jaga Habitat Komodo Menjadi Lebih Modern dan Menarik

Ia mengatakan, sesuai UU No 23 Tahun 2016, tentang pemerintah daerah (Pemda), maka pihak eksekutif dan legislatif harus berkolaborasi dalam memperjuangkan kepentingan masyarakat.

Hadir dalam acara pelantikan itu, Bupati Kupang, Korinus Masneno, Wabup Jerry Manafe, Kapolres Kupang, AKBP Indera Gunawan, S.Ik, pimpinan TNI, Sekda Kabupaten Kupang, Ir. Obet Laha, tokoh agama, tokoh masyarakat dan keluarga masing-masing anggota dewan yang dilantik. (ade)