Bupati SBD : “Kami Buat yang Terbaik Untuk Masyarakat”

KUPANG, NTT PEMBARUAN.com-   Bupati Sumba Barat Daya (SBD), dr.Kornelis Kodi Mete dan Wakil Bupati SBD, Marthen Christian Taka, S.Ipem berjanji akan membuat yang terbaik bagi masyarakatnya.

“Kami pasti berbuat yang terbaik untuk masyarakat,” janji Bupati Sumba Barat Daya (SBD), dr. Kornelis Kodi Mete didampingi Wakil Bupati SBD, Marthen Christian Taka, S.Ipem saat jumpa pers di Restauran Nelayan Kupang, setelah dilantik oleh Gubernur NTT, Viktor Bungtilu Laiskodat, Minggu (8/9/2019).

Ia berjanji, program 100 hari kerjanya ke depan, terhitung sejak tanggal  pelantikan hingga Desember 2019, langkah pertama yang dilakukan adalah pembenahan internal birokrasi pemerintahan.

Masalah lain yang akan dibereskannya nanti, seperti masalah dana desa (DD) yang selama ini banyak yang bermasalah. “Kami juga berkeinginan semua desa bercahaya, desa berair, desa yang berkekuatan pangan, desa aman, desa tentram, desa sehat dan desa pariwisata,” sebut dia.

Baca juga :  Produktif Saat Pandemi, Program Diskon Tambah Daya Listrik “SUPER WOW” Tembus 367 Ribu Pendaftar

Misalnya, desa berair, pihaknya akan berusaha mencari sumber-sumber mata air kemudian dikerjakan untuk dimanfaatkan oleh masyarakat. Bagi dia, air merupakan sumber kehidupan baik untuk kebutuhan manusia, ternak, percepatan pangan, mendukung desa sehat, dan mendukung desa pariwisata.

Bupati Sumba Barat Daya (SBD), dr.Kornelis Kodi Mete didampingi Wakil Bupati SBD, Marthen Christian Taka, S.Ipem dan Bupati Ende, Drs. Haji Djafar H. Achmad,M.M saat dilantik oleh Gubernur NTT, Viktor Bungtilu Laiskodat di Aula El Tari Kantor Gubernur NTT, Minggu (8/9/2019) (Foto : Kanisius Seda/NTT PEMBARUAN.com)

Begitupun desa bercahaya, dia berkeinginan selama 5  tahun kepemimpinan mereka ke depan semua rumah penduduk sudah bercahaya atau sudah terpasang jaringan listrik. “Mimpi kami adalah Sumba menjadikan energi terbarukan, itu mimpin yang lalu, dan sekarang kami ulangi lagi mimpi itu dengan melakukan kemitraan semua komponen dengan memanfaatkan tenaga surya, tenaga angin, tenaga air, dan bio masa,” kata Mantan Kadis Kesehatan Provinsi NTT ini.

Sementara di bidang pendidikan, pihaknya akan membuat program  desa pintar, sehingga semua orang SBD menjadi cerdas.  Karena itu, jajaran birokrasi yang ada harus menjadi contoh untuk mengantarkan rakyat menjadi manusia-mansia yang cerdas.

Baca juga :  Pulau Lembata dan Desa Balus Permai Manggarai Timur Semakin Terang

Bupati dua periode ini mengakui, daerahnya masih banyak yang buta huruf karena tidak sekolah dan drop out. “Kita mengajak semua komponen untuk mengganyang soal ini,” tandasnya. (ade)