Basarnas Kupang Anjangsana ke Panti Jompo Budi Agung

KUPANG, NTT PEMBARUAN.com- Kantor Pencarian dan Pertolongan Kupang (Basarnas Kupang) melakukan anjangsana ke Panti Jompo Budi Agung milik Unit Pelaksana Teknis (UPT) Kesejahteraan Sosial Dinas Sosial Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT), Rabu (21/8/2019).

Anjangsana berupa bakti sosial yang dilakukan Kantor Basarnas Kupang ini merupakan rangkaian peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-74 Kemerdekaan Republik Indonesia tahun ini.

Dalam kunjungan itu, Kantor Basarnas Kupang memberikan bantuan berupa sembilan bahan pokok (Sembako) kepada para panti jompo yang diserahkan langsung Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Kupang, Emi Frizer, S.E., M.M kepada Kepala UPT Kesejahteraan Sosial, Agustinus Gervansius.

Dalam sambutannya, Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan, Emi Frizer, S.E., M.M mengatakan, kegiatan berbagi kasih ini merupakan rangkaian kegiatan Basarnas Kupang dalam rangka peringatan HUT ke-74 RI tahun ini.

Basarnas selalu peduli untuk membantu sesama karena Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan tidak akan sukses tanpa dukungan masyarakat. “Oleh karena itu, masyarakat menjadi hal yang kami pedulikan guna membantu meningkatkan kesejahteraan walaupun hanya sedikit. Ini menjadi sebuah pelajaran bagi kami bahwa umur tidak menjadikan kita untuk berhenti berjalan. Kami berdoa kiranya oma dan opa selalu sehat dan bahagia serta saling menguatkan satu sama lain,”imbuhnya.

Baca juga :  NTT Pembaruan dan Berita Antara Terima Penghargaan dari Basarnas

Ia berharap, kegiatan serupa tidak saja dalam rangka peringatan HUT Kemerdekaan RI, tetapi juga  dalam rangka peringatan HUT Basarnas ke depan. Selain bakti sosial, kegiatan ini juga sebagai wadah untuk bersilahturahmi dengan oma dan opa di panti jompo.

“Kami juga mengucapkan terimakasih atas sambutan hangat dari oma dan opa  yang dapat menggugah semangat kami bahwa di usia kami yang masih produktif seperti ini harus mencontoh oma dan opa dimana tetap semangat menjalani hari-hari tua,” kata Emi dengan nada menghibur.

Kepala UPT Kesejahteraan Sosial, Agustinus Gervansius, S.Pi saat memberikan sambutan pada kegiatan bakti sosial yang digelar Basarnas Kupang di Panti Jompo Budi Agung, Rabu (21/8/2019) (Foto : Humas Basarnas Kupang

Sementra Kepala UPT Kesejahteraan Sosial, Agustinus Gervansius, S.Pi dalam sambutannya mengucapkan terima kasih atas kunjungan dan sumbangan dari Kantor Pencarian dan Pertolongan Kupang.

Baca juga :  Tim SAR Gabungan Temukan Korban Dalam Keadaan Meninggal di Embung Haulasi

Agus menyebutkan, Panti Budi Agung Kupang ditempati  57 orang tersebar di 11 wisma, sedangkan di Panti Jompo Maumere ditempati  61 orang tersebar di 8 wisma.  Sehari-hari mereka melakukan kegiatan pembinaan rohani, konseling, sosial, keterampilan, dinamika kelompok, rekreasi dan olahraga.

Oma dan opa ini, lanjut dia, mendapatkan pelayanan kesehatan  dua kali seminggu oleh dua tenaga dokter, sedangkan satu perawat melayani mereka selama 24 jam. Para oma dan opa  ini juga mendapat pelayanan makan minum 3 kali sehari, dan 2 kali snack.

Gervansius berpesan , jika ada keluarga atau tetangga yang terlantar sudah berusia 60 tahun ke atas supaya diinformasikan kepada panti jompo yang ada untuk disantun.

Baca juga :  Sumba Barat Kirim 228 Sampel Swab ke Kupang

“Kami juga mengucapkan terimakasih kepada Kantor Pencarian dan Pertolongan Kupang yang sudah meluangkan waktu berbagi kasih dengan oma dan opa di panti ini. Kiranya Tuhan membalas kebaikan dan memberkati bapa dan ibu semua dalam tugas dan karyanya masing-masing. Kami memohon maaf apabila dalam kunjungan kasih ini ada hal-hal yang tidak berkenan,  mohon dimaafkan. Tuhan memberkati kita semua,”tutupnya. (ade)