Salimulloh : Gunakan Diksi yang Tepat Pada Tulisan di Media Massa

KUPANG, NTT PEMBARUAN.com – Salimulloh Tegar, salah satu pemateri dari Kantor Bahasa Nusa Tenggara Timur (NTT) mengajak para jurnalis untuk menggunakan diksi atau pilihan kata yang tepat dalam penulisan berita di media massa.

Ajakan itu disampaikan Salimulloh saat memberikan penyuluhan penggunaan bahasa Indonesia bagi media massa yang diselenggarakan Kantor Bahasa Nusa Tenggara Timur Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan di Hotel Amaris Kupang, Rabu (14/8/2019).

Ia menyebutkan, kriteria pemilihan diksi atau pemilihan kata terdiri dari ketepatan, kecermatan, dan keserasian.  Keserasian dalam pemilihan kata berkaitan dengan dua faktor, yaitu faktor kebahasaan dan non kebahasaan.

Kata Salimulloh, yang harus diperhatikan dalam penggunaan diksi adalah makna denotasi dan konotasi, majas, sinonim dan antonim, dan idiom.  Sementara, dalam penulisan paragraf, lanjut dia, untuk satu paragraf minimal memiliki dua kalimat, yakni kalimat topik dan kalimat pengembang. Ada lima macam paragraf, yakni paragraf narasi, deskripsi, eksposisi, persuasi dan argumentasi.  Namun, yang sering digunakan dalam tulisan wartawan adalah paragraf narasi, kata Salimulloh.

Baca juga :  Terkait Penjualan Tanah Milik Pemkab Mabar, Kejati NTT Geledah Kanwil BPN NTT

Suasana diskusi semakin asyik,  ketika Salimulloh membuat sebuah permainan dengan meminta para jurnalis menyebutkan satu kata per orang  untuk membentuk kalimat  sehingga menjadi sebuah paragraf. (ade)