Gudang Logistik Polda NTT Terbakar

KUPANG, NTT PEMBARUAN.com- Gudang Logistik Polda Nusa Tenggara Timur (NTT) yang berada di Jalan Soeharto Nomor 20 Naikoten, Kota Kupang, Senin (5/8/2019) petang terbakar.

Diduga, kebakaran itu akibat tegangan arus pendek listrik dari ruangan IT Polda NTT. Puluhan mobil pemadam kebakaran (Damkar),  dan empat mobil water canon milik Polda NTT dikerahkan untuk memadamkan api tersebut.

Dalam peristiwa itu, enam ruangan Polda NTT hangus terbakar, diantaranya ruangan logistik, ruang informasi dan teknologi (IT). Informasi sementara yang dihimpun media ini di lokasi kebakaran, belum ada korban jiwa.

Wakapolda NTT, Jhoni Asadoma kepada wartawan di Polda NTT, Senin (5/8/2019) petang mengaku belum mengetahui penyebab kebakarannya. Namun, ia melihat, api mulai muncul kurang lebih pukul 16.30 Wita dari Gudang Logistik Polda NTT dengan mengeluarkan asap tebal dan merambatkan ke beberapa ruangan lain.

Baca juga :  Gubernur NTT : Pertanian Lahan Kering Ikut Membantu Pembangunan

Ia memastikan, gedung yang terbakar itu adalah Gudang Logistik Polda NTT. Namun, untuk mengetahui penyebab kebakarannya, pihaknya sedang melakukan penyelidikan. Peristiwa ini, ia akan melaporkan ke Kapolri, Tito Karnavian di Jakarta untuk  merenovasi atau membangun kembali gudang  logistik yang terbakar itu.

Sementara, Karo Logistik Polda NTT, Kombes Pol. Yadi Priyadi  kepada wartawan menyebutkan, kerugian akibat kebakaran itu diperkirakan mencapai Rp 10 miliar. Gedungnya saja, menurut dia, mencapai sebesar Rp 5 miliar, ditambah perlengkapan-perlengkapan yang ada di dalamnya, seperti ruang komputer , ruang AC dilengkapi komputer,  dan cerver  termasuk sejumlah berkas yang ada di dalamnya.

Ia menyebutkan, titik api  bermula dari ruangan IT Polda NTT. “Tapi, kita masih dalam  tahap penyelidik untuk memastikan penyebabnya ,” kata Yadi. Tidak ada korban jiwa dalam kebakaran tersebut.

Baca juga :  Wagub NTT : Jaga Habitat Komodo Menjadi Lebih Modern dan Menarik

Kata dia, memang ada sejumlah sepeda motor di belakang itu, tetapi berhasil diamankan semuanya. Begitupun salah satu  anggota polisi yang sedang bekerja,tapi bisa melarikan diri dari kobaran api.

Nampak, warga Kota Kupang  dan kendaraan yang melintasi di depan Polda NTT sempat berhenti untuk menyaksikan peristiwa tersebut.  (ade)