IMAPEL Kupang KKBM di Desa Lendong

LABUAN BAJO, NTT PEMBARUAN.com- Untuk mengisi waktu liburan kuliah, Ikatan Mahasiswa Pelajar Lembor (IMAPEL) Kupang melakukan Kemah Kerja Bakti Mahasiswa (KKBM) di Desa Lendong, Kecamatan Lembor Selatan, Kabupaten Manggarai Barat, Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) sejak 21-23 Juli 2019.

Kegiatan IMAPEL Kupang  ini merupakan salah satu  wujud pengabdian mahasiswa terhadap masyarakat. Adapun jenis kegiatan yang dilakukan, yakni melakukan sosialisasi Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) kepada masyarakat desa dengan pamateri Direktur Change Operator, Rizky Hadur bersama kawan-kawannya yang tergabung dalam anggota kelompok studi tentang desa.

Hadir juga dalam sosialisasi itu, Kepala Desa Kakor, Kecamatan Lembor Selatan, Benekditus  Durman untuk memberikan kesaksian seputar keberhasilan BUMDes di desanya selama ini, dan  Kepala Desa Lendong, Fransiskus Dir dengan topik, Pentingnya Menjaga Kebersihan.

Baca juga :  Sony Libing Dikukuhkan Menjadi Pjs Bupati Manggarai

Kegiatan lain, membuat papan selamat datang di Desa Lendong, tepatnya di Wae Sapo, perbatasan Desa Kakor, Kecamatan Lembor Selatan, membuat papan identitas pada tiga dusun, yakni Dusun Reweng, Dusun Lonto dan Dusun Bonda.

SOSIALISASI BUMDES – Direktur Change Operator, Rizky Hadur didampingi Kepala Desa Lendong, Fransiskus Dir, dan Kepala Desa Kakor,Benekditus  Durman saat melakukan sosialisasi seputar  Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) kepada masyarakat Desa Lendong di kantor desa setempat, Selasa (23/7/2019) (Foto : Hargensius S. Yen/NTT PEMBARUAN.com)

Bentuk kegiatan lainnya, seperti membuat  papan penunjuk arah dalam setiap gang, menyediakan 2 kotak sampah  yang ditempatkan  di kantor desa setempat yang semuanya dilakukan secara partisipasi bersama masyarakat Desa Lendong.

Kepala Desa Lendong, Fransiskus Dir menyambut antusias kegiatan KKBM IMAPEL Kupang selama tiga hari di desanya. Apa yang dilakukan IMAPEL Kupang di desanya, merupakan hal yang luar biasa untuk menjadikan sprit bagi masyarakat dalam membangun desa dengan pola gotong royong.

Baca juga :  Kapolda NTT Diminta Hentikan Penyidikan Pemred BeritaNTT.com dan Pemred Tribuana Pos

Desa Lendong adalah salah satu desa termuda  di Kabupaten Manggarai Barat. “Mudah-mudahan dengan kehadiran IMAPEL Kupang melahirkan inovasi-inovasi baru untuk menata dan membangun desa kami ke arah lebih baik ke depan. Saya berjanji, akan menghidupkan kembali BUMDes yang sudah vakum pada masa kepemimpinan sebelumnya, dengan memanfaatkan potensi Sumber Daya Alam (SDA) yang dimiliki,” harapnya.

Para mahasiswa IMAPEL Kupang melakukan kerja bakti bersama masyarakat Desa Lendong dengan memasang papan selamat datang, tepatnya di Wae Sapo, perbatasan Desa Kakor, Kecamatan Lembor Selatan, Kabupaten Manggarai Barat, Provinsi NTT. (Foto : Hargensius S. Yen/NTT PEMBARUAN.com)

Sementara itu,  Sekretaris Camat (Sekcam) Lembor Selatan, Damianus Raden mengatakan, kehadiran mahasiswa IMAPEL Kupang sangat bermanfaat bagi masyarakatnya, khususnya masyarakat Desa Lendong yang menjadi sasaran kegiatan KKBM tahun ini.

“Kamu  (IMAPEL Kupang,red) adalah calon kader-kader pemimpin bangsa masa depan. Sebagai kaum intelektual, dengan modal ilmu pengetahuan dan skill yang dimiliki bisa mengubah pola pembangunan yang berinovasi dan berdaya saing di tengah-tengah masyarakat, “ pungkasnya.

Baca juga :  Gubernur NTT Dampingi Menteri Kelautan dan Perikanan ke Kabupaten Kupang

Ketua Umum IMAPEL Kupang, David Staren dalam sambutannya, mendukung semua program pemerintah, baik pusat, provinsi, maupun kabupaten yang bermuara pada kesejahteraan masyarakat.

Menutup sambutannya, David berharap,  agar pemerintah desa (Pemdes) Lendong untuk kembali mengaktifkan BUMDes yang sudah vakum selama ini, sehingga mampu bersaing dengan desa lainnya di Manggarai Barat, terutama dalam hal berwirausaha. (gen/ade)