BWS NTT Kembali Membangun Empat Paket Air Tanah dan Air Baku di Sumba

KUPANG, NTT PEMBARUAN.com- Tahun 2019 ini, Pemerintah Pusat (Pempus) melalui Balai Wilayah Sungai Nusa Tenggara II (BWS NT II) Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) kembali membangun empat paket air tanah dan air baku di empat kabupaten di Pulau Sumba.

Empat paket itu, tersebar di 12 titik di empat kabupaten, yakni Sumba Timur, Sumba Tengah, Sumba Barat, dan Sumba Barat Daya (SBD) masing-masing 3 titik per paket tiap kabupaten dengan total pagu anggaran sebesar Rp 12 miliar, sebut Ruben Riwu, Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) Air Tanah dan Air Baku, BWS NT II Provinsi NTT kepada media ini di Kupang, Rabu (24/7/2019).

Keempat paket pekerjaan ini sudah terkontrak dengan tenggang waktu pelaksanaannya terhitung sejak 28 Mei – 17 Desember 2019. Ia berharap, dengan dibangunnya empat paket air tanah dan air baku ini, maka kebutuhan akan air bersih bagi masyarakat di empat kabupaten di Pulau Sumba secara bertahap bisa terpenuhi.

Baca juga :  200 Ekor Babi Ras Akan Ditempatkan di Instalasi Tarus

Empat paket pekerjaan air tanah dan air baku itu nanti akan dilengkapi dengan rumah penyimpan genzet, bak penampung atau hindran umum (HU) berkisar antara 3-4 bak penampung per titik dengan daya tampung 50 meter kubik atau setingkat 10 mobil tanki air ukuran 5000 liter.

Selain itu, masing-masing lokasi/titik yang dibangun nanti dilengkapi sebuah bangunan tower penampung air dengan daya tampung 15 meter kubik atau setingkat 3 mobil tanki air ukuran 5000.

Sedangkan target kekuatan debit air tiap-tiap titik yang bertahan pada musim kemarau seperti sekarang ini berkisar antara 1-3 liter per detik. Air yang ada itu nanti dihidupkan dengan menggunakan mesin genzet atau listrik, kemudian dinaikan ke tower lalu dibagikan ke sejumlah bak penampung dilengkapi dengan kran yang menjadi sumber kebutuhan air minum, mencuci, mandi, masak, dan lain-lain bagi masyarakat setempat. (ade)