KUPANG, NTT PEMBARUAN.com -Sabtu , 20 Juli 2019 sekitar pukul 15.00 Wita, Kantor Pencarian dan Pertolongan Kelas A Kupang menerima laporan dari Pos Pencarian dan Pertolongan Waingapu tentang kecelakaan Kapal Yacht  POB 2 orang hanyut terbawa arus dari Perairan Sabu hingga Perairan Sumba Timur (Sumtim) Provinsi Nusa Tenggara Timur.

Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Kupang,  Emi Frizer, S. E., M.M dalam press release yang diterima media ini, Minggu (21/7/2019) menyebutkan, kejadian sejak tanggal  16 Juli 2019 pukul 08.00 Wita, 1 (satu) buah Kapal Yacht POB 2 orang hanyut terbawa arus pada koordinat 09°41′ 52,02″S 120°34’16,92″E

Kedua orang yang berada di atas kapal saat itu, masing-masing atas nama  Antony Heritos, jenis kelamin laki-laki,  Warga Negara Asing (WNA) asal Australia, dan Yotan jenis kelamin laki-laki, Warga Negara Indonesia (WNI).

Baca juga :  Direktur PT. MOI Akui Kelor Asal NTT Memiliki Kekhasan Tersendiri

Sepuluh menit setelah menerima laporan kejadian itu, Kantor Pencarian dan Pertolongan Kupang langsung berkoordinasi dengan KSOP Waingapu untuk memberitahukan bahwa Kapal Yacth akan di pandu menuju Pelabuhan Waingapu.

Selanjutnya, pukul 15.20 Wita, diberangkatkan Tim Anggota Rescuer  Pos Pencarian dan Pertolongan Waingapu berjumlah 4 orang bersama Potensi SAR menggunakan 1 unit Rigit milik Pos Pencarian dan Pertolongan Waingapu menuju lokasi kejadian guna melaksanakan operasi SAR.


Operasi SAR terhadap Lost di Perairan Sumba Timur (Foto : Humas Basarnas Kupang)

Pukul 19.49 Wita,  Tim SAR Gabungan  berhasil menemukan Kapal Yacht pada koordinat 09°53’31,9″ S 120°43’34,8 E  dengan POB 2  orang dalam keadaan 1 orang mengalami sakit. Korban yang sakit dievakuasi menuju Pantai Melolo, untuk  selanjutnya dibawa ke Puskesmas Melolo guna dilakukan perawatan medis.

Baca juga :  Soal Pengelolaan Pasar Nggorang, Sukur : Perlu Duduk Bersama untuk Membahasnya

Pukul 20.00 Wita Tim SAR Gabungan tiba di LKM dan dilanjutkan dengan evakuasi korban. Kemudian pukul 23.20 Wita korban berhasil dievakuasi ke bibir Pantai Melolo dan selanjutnya korban diserahkan ke pihak Polsek Melolo untuk dibawa ke Puskesmas Melolo guna dilakukan penanganan medis.

Unsur SAR yang terlibat meliputi,  Kantor Pencarian dan Pertolongan Kupang, Pos Pencarian dan Pertolongan Waingapu, KP3 Laut Waingapu, KSOP Waingapu,Puskesmas Melolo, dan Polsek Melolo (ade)