64,3 Persen Desa di Mabar Sudah Terjangkau Jaringan Listrik

LABUAN BAJO, NTT PEMBARUAN.com – PT. PLN (Persero) Cabang Labuan Bajo, Kabupaten Manggarai Barat, Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) mencatat, dari 169 desa yang ada wilayah itu, 64,3 persen desa sudah terjangkau jaringan listrik.

“Sedangkan 36,7 persen desa yang belum tersambung  jaringan listrik, kami upayakan tahun ini sesuai yang ditargetkan Presiden Joko Widodo (Jokowi), bahwa Tahun 2019 semua desa di Indonesia sudah terjangkau jaringan listrik,” janji Ayu, Kepala PLN (Persero) Cabang Labuan Bajo kepada NTT PEMBARUAN.com di Labuan Bajo, Jumat (19/7/2019).

Ayu mengaku, untuk semua desa di Kabupaten  Manggarai Barat memang  belum 100 persen terpasang jaringan listrik. Namun, ia upayakan dalam tahun ini mudah-mudahan bisa rampung 100 persen.

Baca juga :  Empat Tahun Berdiri, SMPN 6 Welak Belum Miliki Gedung Sendiri

Untuk empat pulau di Kecamatan Komodo saja, direncanakannya akan dilayaninya dalam bentuk Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) tahun ini. Empat pulau itu, yakni Pulau Batu, Pulau Seraya, Pulau Mesa, dan Pulau Papa Gereng.

Dari empat pulau itu, yang sudah hampir rampung pemasangannya dalam bentuk PLTS adalah Pulau Seraya. Sedangkan tiga pulau lainnya akan disusul dalam waktu dekat ini, tukasnya.

Sedangkan Pulau Komodo dan Pulau Rinca yang masuk dalam Kawasan Taman Nasional Komodo (TNK), menurut Ayu, listriknya sudah menyala diambil dari sumber jaringan Pembangkit Listrik Tenaga Diesel (PLTD) Labuan Bajo. (nus)