Pabrik Gula Tebu di Sumtim Akan Dilaunching Tahun 2020

KUPANG, NTT PEMBARUAN.com-  Menurut rencana, launching perdana pabrik gula pasir dari bahan baku tebu yang diproduksi PT. Moria Sumba Manis di Kabupaten  Sumba Timur (Sumtim), Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) akan dilakukan Tahun 2020 mendatang.

“Kita rencanakan Tahun 2020 lauching pabriknya. Sedangkan penanaman tebunya sudah berjalan selama ini. Dengan dilaunchingnya pabrik gula tebu tersebut, maka ke depannya kita tidak lagi membutuhkan pasokan gula pasir dari luar daerah,” kata Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Provinsi Nusa Tenggara Timur (PMPTSP NTT), Drs. Marsianus Jawa, M.Si  kepada wartawan media ini di Kupang, Rabu (10/7/2019).

Ia sendiri mengaku kagum dan luar biasa setelah melihat langsung kondisi lahan tebu, bangunan gedung pabrik dan cekdam yang dibangun di Kabupaten Sumba Timur. Untuk pembangunan infrastrukturnya saja, kata dia, seperti gedung pabrik dan cekdam membutuhkan anggaran sebesar Rp 8 Triliun.

Baca juga :  Gubernur Minta Coop TLM Berkolaborasi Dengan Pemerintah

Ia optimis, kehadiran perusahaan pabrik gula tebu ini nanti cukup menjanjikan dan menyerap ribuan tenaga pekerja lokal.  Menurut rencana, pihak perusahaan juga akan membangun rumah-rumah tinggal para pekerja di dalam pabrik tersebut.

“Dua bulan lalu, saya ke Sumba Timur untuk melihat seberapa jauh perkembangan perusahaan tebu itu.  Ternyata hasilnya luar biasa. Cekdam untuk penampungan air saja ukurannya hampir sebesar Stadion Oepoi Kupang,”kata Marsianus.

Investasi di bidang perusahaan gula tebu, menurut dia, akan membawa NTT menjadi produsen gula pasir, baik untuk memenuhi kebutuhan masyarakat lokal NTT, luar daerah NTT termasuk mensuplai ke negara tetangga seperti Timor Leste.

“Sewaktu saya melihat aktifitas perusahaan tersebut di Sumtim, saya disuguhi air putih panas dan kopi kosong lalu batang tebunya dipotong untuk kemudian dimakan campur air dan kopi. Rasanya manis seperti gula pasir,” kesan Marsianus. (ade)