Mahasiswa FISIP Unwira Kupang KKBM di Desa Umaklaran

ATAMBUA, NTT PEMBARUAN.com- Mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Katolik Widya Mandira (Unwira) Kupang melakukan  kegiatan  Kemah Kerja Bakti Mahasiswa (KKBM) di Desa Umaklaran,Kecamatan Tasifeto Timur, Kabupaten Belu, Provinsi Nusa Tenggara Timur, sejak tanggal 1-11 Juli 2019.

Di Desa Umaklaran, Kecamatan Tasifeto Timur mahasiswa dibagikan ke setiap rumah warga untuk mengabdi sepenuhnya kepada masyarakat dan mengikuti kegiatan bersama warga setempat.

Adapun kegiatan yang dilakukan mahasiswa di Desa Umaklaran antara lain, melakukan pendataan statistik penduduk dari semua dusun yang ada desa tersebut, melakukan sosialisasi tentang BUMDes, dan Perdes.

Mahasiswa KKBM FISIP Unwira Kupang melakukan pembersihan lingkungan di Desa Umaklaran.

Kegiatan lain, seperti membuat papan informasi desa,merenovasi dan mencat ulang tembok plan Desa Umaklaran,membuat papan identitas dari setiap dusun, menambahkan daya tarik wisata pada daerah irigasi di Dusun 03 Sirani, membuat 4 buah tempat sampah masing-masing, 1 buah tempat sampah ditempatkan  di Kantor Desa Umaklaran, dan 3  buah tempat sampah ditempatkan di daerah wisata irigasi.

Baca juga :  Terkait Masalah Tanah di Labuan Bajo, Bupati Mabar Diperiksa di Kejati NTT

Kepala Desa Umaklaran, Agustinus Nai Bili saat bertatap muka dengan rombongan mahasiswa KKBM FISIP Unwira Kupang menyambut positif seluruh kegiatan mereka di desanya.

“Adik-adik mahasiswa begitu luar biasa untuk merancangkan kegiatan ini, sehingga bisa dilaksanakannya dengan baik di desa saya ini,” kesan Agus.

Untuk sosialisasi BUMDes  dan Perdes, menurut Agus, sudah pernah dilaksanakan di desanya. Namun, untuk menambah wawasan, pihaknya membutuhkan masukan-masukan baru dari para mahasiswa demi kesejahteraan masyarakatnya.

“Buatlah inovasi-inovasi baru pada desa kami, keluarkan segala potensi dalam diri  kalian (mahasiswa,red) untuk bisa membuat desa ini memiliki warna tersendiri,” imbuhnya. (gen)