Seekor Buaya Masuk Pemukiman Warga Soliu

KUPANG, NTT PEMBARUAN.com- Seekor buaya masuk ke pemukiman warga  Desa Soliu, Kecamatan Amfoang Barat Laut, Kabupaten Kupang, Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT), Sabtu (29/6/2019).

Informasi yang diterima media ini melalui group WhatsApp Media Mitra BBKSDA NTT  menyebutkan, berawal dari informasi masyarakat melalui Kapospol Soliu, Eris yang diterima admin “Hallo BBKSDA NTT”, Sabtu (29/6/2019) pukul 16.30 Wita, bahwa ada seekor buaya yg sangat besar dan menakutkan  warga Desa Soliu, Kecamatan Amfoang Barat Laut, Kabupaten Kupang.

Menindaklanjuti informasi tersebut sebagaimana arahan Kepala Balai Besar KSDA NTT, Ir.Timbul Batubara, MSi, Tim Unit Penanganan Satwa (UPS) BBKSDA NTT yang dipimpin oleh Paulus Robinson P. Kama, SP langsung bergerak cepat menuju lokasi.

Baca juga :  Jumlah Pasien Terkonfirmasi Positif Covid-19 di NTT 402 Orang

Tim UPS BBKSDA tiba di lokasi pukul 24.00 Wita, dan segera melakukan penanganan terhadap buaya tersebut. Data dan informasi sebelumnya yang telah dihimpun Tim UPS BBKSDA NTT  dari warga bahwa buaya tersebut telah menyerang dan memangsa ternak warga.

Proses penanganan buaya tersebut cukup dramatis karena buaya tersebut berukuran besar dengan ukuran panjang tubuh 4,58 meter dan lebar tubuh 80 cm. Namun berkat kerjasama tim dan warga serta didukung oleh anggota Pospol, Pemerintah Kecamatan Amfoang Barat Laut serta warga masyarakat Desa Soliu akhirnya buaya tersebut dapat dievakuasi ke kandang transit di Kantor Seksi Konservasi Wilayah II Kota Kupang, Provinsi Nusa Tenggara Timur. (ade)