Bupati Kupang : Layani Masyarakat Sepenuh Hati

OELAMASI, NTT PEMBARUAN.com- Bupati Kupang, Korinus Masneno kembali mengingatkan para camat, para kepala desa, dan Badan Perwakilan Desa (BPD) di wilayahnya untuk melayani masyarakat sepenuh hati.

Bupati Korinus mengatakan itu, saat membuka secara resmi rapat koordinasi  (Rakor) para camat, kepala desa, dan BPD Tingkat Kabupaten Kupang Tahun 2019 di Aula Kantor Bupati Kupang Oelamasi,   Selasa (18/6/2019)

“Sebagai abdi masyarakat, kita dipilih dan dipercayakan untuk membangun dan membawa daerah ini ke arah yang lebih baik. Kita harus memaknai kepercayaan yang diberikan untuk memanfaatkan semua potensi, dan kekuatan yang ada demi kemajuan masyarakat,”tandasnya.

Ia berharap , para Kades dapat memanfaatkan dana desa dengan baik sesuai dengan potensi yang ada di desa dan harus bermanfaat bagi kesejahteraan masyarakat. Dana desa, lanjutnya,  bisa menjawab kesulitan yang dialami masyarakat dan dikelola secara bijak dengan melibatkan perangkat desa lainnya, seperti BPD dan masyarakat itu sendiri.

Baca juga :  Pemprov NTT Berkomitmen Wujudkan Sumba Sebagai Pusat Energi Baru dan Terbarukan

“Miliki perencanaan yang baik, pelaksanaan yang baik hingga pertanggungjawabannya yang baik juga. Lihat apa skala prioritas kebutuhan masyarakat dan sesuai dengan dukungan dana yang ada,”kata Bupati Masneno.

Selain itu, berbagai persoalan di desa seperti keterbatasan tenaga kesehatan dan tenaga pendidik hendaknya bisa diantisipasi dengan dana desa. Pada bidang pendidikan, dirinya berharap melalui dana desa bisa memenuhi kebutuhan-kebutuhan, seperti membayar gaji guru Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD), dan mendukung fasilitas lainnya yang sangat berguna bagi pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM) di Kabupaten Kupang yang berkualitas.

Dana desa juga, lanjut dia, bisa dimanfaatkan untuk mendukung pemenuhan pelayanan kesehatan di desa itu sendiri dengan membiayai minimal 3 orang tenaga kesehatan, meliputi tenaga bidan, perawat dan tenaga kesehatan lingkungan.

Menurutnya, kebijakan seperti itu dapat mengakomodir tenaga kesehatan dari desa tersebut atau desa tetangga, sehingga memiliki kecintaan untuk membangun dan mengabdi bagi masyarakat di desa tersebut.

Baca juga :  Presiden Jokowi Kembali Kunker ke Labuan Bajo

Bupati Masneno yakin, jika ini dilaksanakan dengan baik akan memberikan dampak positif bagi peningkatan kesejahteraan masyarakat.  Ia berharap, para camat yang ada di 24 kecamatan di wilayahnya harus berkerja secara sungguh-sungguh dengan membangun koordinasi yang baik bersama perangkat desa dalam mensukseskan kegiatan pembangunan di desa.

“Para camat sisihkan waktu untuk berkantor di desa, lihat kendala para kades dan membantunya, sehingga pembangunan dapat berjalan di desa,” imbuhnya.

Sementara itu, Wakil Bupati Kupang, Jerry Manafe dalam kesempatan tersebut mengharapkan kinerja perangkat desa harus ditingkatkan lebih baik lagi. Dirinya tidak mau ada kantor-kantor desa atau kantor camat yang tutup saat hari kerja yang menghambat pelayanan kepada masyarakat.

Terkait dana desa, kata Wabup Jerry, itu merupakan berkat yang harus disyukuri dengan baik dan dikerjakan sebaik-baiknya untuk kepentingan masyarakat. “Saya punya tugas pegawasan, sehingga saya tidak segan-segan turun dan melihat kondisi riil yang ada di desa,” tegasnya.

Baca juga :  Listrik Menyala 24 Jam, Bupati Korinus : Terima Kasih Kepada PLN NTT

Kepada semua masyarakat dan perangkat desa, dirinya mengajak untuk satu pikiran, satu langkah dan satu harapan memajukan Kabupaten Kupang.

Turut hadir pada Rakor tersebut, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (Kadis PMD) Kabupaten Kupang, Charles Pandie, para camat, para Kades, dan para BPD se-Kabupaten Kupang. (ade)