Jalan Pulau Indah Dikerjakan Tahun Ini

KUPANG, NTT PEMBARUAN.com- Ruas Jalan Perintis Kemerdekaan Pulau Indah, Kota Kupang, Ibu Kota Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) sepanjang 600 meter dengan lebar 8-9 meter mulai dikerjakan tahun 2019 ini.

Saat ini, sejumlah alat berat milik rekanan seperti exavator sedang melakukan penggalian di lokasi proyek, kata  Jerry Leha, Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) Program Peningkatan Infrastruktur Tata Ruang dan Kawasan Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Provinsi Nusa Tenggara Timur (PUPR NTT ) kepada wartawan di Kupang, Jumat ( 24/5/201).

Pengerjaan jalan hotmix sepanjang 600 meter dengan lebar 8-9 meter itu dari arah Patung Tirosa Bundaran PU menuju Jalan Timor Raya akan menelan anggaran sebesar Rp 14 miliar lebih bersumber dari Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD I) NTT Tahun 2019.

Baca juga :  Pemulihan Ekonomi Akibat Dampak Covid 19, Gubernur NTT Minta Para Bupati Siapkan Langkah Strategis

Masih di ruas jalan yang sama, akan dibangun juga drainase dan jalan trotoar di samping kanan dari arah atas Kantor PLN Wilayah NTT menurun ke Jalan Timor Raya dengan lebar 2 meter.

Drainase yang dibangun itu nanti akan bertemu dengan drainase yang sudah dibangun Balai Pelaksanaan Jalan Wilayah X Kupang di Jalan Timor Raya lalu dibuang menuju Jembatan Oesapa.

Untuk menghilangkan gelombang jalan yang ada di sepanjang Jalan Pulau Indah selama ini, pihaknya akan menggunakan konstruksi beton, sehingga lebih bertahan lama dan tidak terlalu bergelombang seperti kondisi sebelumnya.

Terkait pengaturan lalu lintas di sepanjang ruas jalan yang sedang dikerjakannya itu, Leha mengatakan sudah melakukan koordinasi dengan Dir Lantas Polda NTT untuk mengatur arus lalu lintas kendaraan di lapangan.

Baca juga :  RSUD Umbu Rara Waingapu Jadi Pelanggan Premium Pertama di Sumba

Sesuai kontrak, Jalan Pulau Indah ini dikerjakan oleh PT. Bumi Permai Nusantara sejak 26 Maret hingga akhir Oktober 2019 mendatang. Saat ini,  progressnya sudah mencapai 20 persen.

Ia optimis, dengan dikerjakannya Jalan Pulau Indah ini, bisa meminimalisir terjadinya kecelakaan lalu lintas akibat kondisi jalan yang bergelombang sebelumnya. (ade)