LPMP NTT Gelar Gebyar Hardiknas 2019

KUPANG, NTT PEMBARUAN.com- Dalam rangka menyongsong Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) Tahun 2019, Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan Provinsi Nusa Tenggara Timur (LPMP NTT) kerjasama dengan Kantor Bahasa, Badan Pengembangan Pendidikan Anak Usia Dini (BP PAUD) dan Dikmas, Sekolah Madrasah, Agu Pena NTT, dan PT. Gramedia melaksanakan beberapa kegiatan dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

“Untuk NTT kami beri nama Gebyar Hari Pendidikan Nasional Tahun 2019 dengan tema yang diangkat oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan,yaitu Menguatkan Pendidikan dan Memajukan Kebudayaan,” kata Kepala Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan Provinsi Nusa Tenggara Timur (LPMP NTT), Drs. H.Muhamad Irfan,MM melalui Ketua Panitia Gebyar Hari Pendidikan Nasional Tahun 2019 LPMP NTT, Edi Sulla kepada media ini di Kantor LPMP NTT, Selasa (30/4/2019).

Untuk NTT, kata Edi, pelaksanaan kegiatannya sudah dimulai tanggal 30 April 2019 dan berakhir  tanggal 6 Mei 2019 dipusatkan di dua tempat, yakni  LPMP NTT dan BP PAUD dan Dikmas Walikota Kupang.

Baca juga :  Kodim 1625 Ngada Bagikan Paket Sembako Kepada Warga Desa Tonggurambang

Kegiatan yang dilaksanakan berupa, pasar dan pameran buku kerjasama dengan PT. Gramedia yang merupakan salah satu anggota IKAPI. Selain itu, pasar pangan lokal yang dilakukan Dharma Wanita Persatuan LPMP NTT, pertandingan futsal, pertandingan tenis meja, lomba lari karung, pertandingan volly, dan pertandingan catur untuk semua karyawan LPMP NTT, Kantor Bahasa, BP PAUD dan Dikmas.

Kegiatan lainnya, pemutaran film untuk anak-anak sekolah dasar (SD) dan Sekolah Menengah Pertama (SMP), jalan sehat tanggal 1 Mei 2019 dengan titik star dan finish  Kantor LPMP NTT.

Rute perjalanannya mulai dari LPMP NTT menuju Gereja Paulus, belok kanan menuju Polda NTT, masuk Jalan Herewila, Jalan Palapa, Jalan El Tari , Jalan Soeharto, dan kembali finish di LPMP NTT.

Menurut rencana, jalan sehat ini akan diikuti lebih kurang 500 peserta dari 4 unit pelaksana teknis dari Kementerian P dan K yang ada di daerah ditambah siswa SD dan SMP di Kota Kupang.

Baca juga :  773.304 Masyarakat NTT Belum Menjadi Peserta JKN –KIS
Salah satu peserta lomba orasi tingkat SMP saat tampil pada Gebyar Hari Pendidkan Nasional Tahun 2019 di Aula LPMP NTT, Selasa (30/4/2019)

Masih dari rangkaian kegiatan tersebut, lomba membaca puisi tingkat SD, lomba orasi tingkat SMP, dan lomba pidato tingkat SMA/SMK se-Kota Kupang  dan Kabupaten Kupang yang  dilaksanakan setelah pembukaan, Selasa,  30 April 2019 di Kantor LPMP NTT.

Pertandingan futsal antara unit teknis dipusatkan dua tempat, yakni Kantor LPMP NTT, dan BP PAUD dan Dikmas Walikota.  Kegiatan di BP PAUD dan Dikmas sendiri berupa lomba festival mewarnai antar PAUD, lomba peragaan busana antara LKP, dan lomba merias pengantin.

Sementara upacara Hardiknas, 2 Mei 2019  dipusatkan di Kantor  LPMP NTT, dimana semua peserta upacara mengenakan busana adat nusantara lengkap dari semua daerah, baik dari kabupaten/kota se-NTT maupun luar NTT, seperti Jawa, Sulawesi, Kalimantan, Bali dan sebagainya.

Kegiatan itu akan ditutup dengan seminar yang akan dilaksanakan tanggal 6 Mei 2019 di Aula LPMP NTT kerjasama dengan Asosiasi Guru Penulis (Agu Pena ). Sementara penyerahan hadiahnya akan dilaksanakan pada tanggal 3 Mei 2019 di Kantor LPMP NTT berupa piagam, piala, cendramata, dan sejumlah hadiah hiburan lainnya.

Baca juga :  Menkominfo Fasilitasi Super WiFi Bagi Masyarakat Mabar

Bagi Edi, yang dikejar bukanlah soal hadiahnya, tetapi kebersamaannya dalam rangka Hardiknas Tahun 2019 ini untuk lebih mempererat tali silahturahmi diantara sesama teman kerja di 4 unit pelaksana teknis dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan yang ada di daerah. (ade)