763 Siswa SMPN 2 Kota Kupang Siap UNBK

KUPANG, NTT PEMBARUAN.com – Sebanyak 763 siswa SMPN 2 Kota Kupang, Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) siap mengikuti Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) selama 4 hari ke depan, terhitung sejak tanggal 23-26 April 2019.

Jumlah itu tersebar pada 14 ruangan ujian dengan komposisi masing-masing, 20 siswa per ruangan  yang didukung 320 unit komputer/laptop, 8 unit server termasuk 1 unit server cadangan dengan sistem tiga shift.

Komputer/laptop yang ada itu, 40 unit adalah milik sekolah, dan 280 unit lainnya dipinjamkan dari orangtua siswa, sebut Kepala SMPN 2 Kota Kupang, Isakh Koroh kepada wartawan media ini di sekolahnya, Senin (22/4/2019) terkait persiapan sekolahnya dalam menghadapi UNBK  sejak tanggal 23-26 April 2019 ini.

Baca juga :  Gubernur NTT Ajak Masyarakat Tingkatkan Imunitas Tubuh Hadapi Covid-19

Mengantisipasi terjadinya gangguan jaringan internet dan pemadaman listrik selama pelaksanaan UNBK di sekolahnya,  ia juga sudah menyurati PT. Telkom dan PT. PLN Cabang Kupang, sehingga mulai tanggal 23-26 April semuanya dalam kondisi aman.

Khusus kepada PT. PLN, ia sudah mengajukan permohonan untuk menyiapkan satu mobil genset yang selalu stand by selama 4 hari  pelaksanaan UNBK di sekolahnya sehingga terhindar dari pemadaman listrik.

Setiap ruangan ujian diawasi secara ketat oleh dua guru pengawas yang didatangkan dari SMPN 3 Kota Kupang dan SMPN 8 Kota Kupang dengan total, 78 guru pengawas.  Sedangkan guru-guru dari sekolahnya mengawas di SMPN 5 Kota Kupang dan SMPN 10 Kota Kupang.

Baca juga :  Gubernur VBL Gratiskan Swab dan Rapid Test  Bagi Masyarakat NTT  

Selain guru pengawas, pihaknya juga menyiapkan tenaga proktor dan tenaga teknisi untuk siap mengatasi  jika sewaktu-waktu mengalami gangguan teknis, baik jaringan komputer maupun server.

Terkait persiapan siswa sendiri, kata Isakh, semuanya sudah siap melalui les tambahan,

try out dua kali dimana satu kali dialkukan oleh sekolah dan satu kali dilakukan secara serentak semua SMP se-Kota Kupang, dilanjutkan  dengan simulasi dan gladi gladi sejak 18-19 Februari 2019 lalu. (ade)