KUPANG, NTT PEMBARUAN.com – Lomba Olimpiade Sains Nasional ((OSN) Sekolah Menengah Atas (SMA) Tingkat Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) dipusatkan di SMKN 1 Kupang, Rabu, 10 April 2019.

Lomba yang diikuti 22 kabupaten/kota se-NTT itu dibuka secara resmi oleh Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT), Benyamin Lola didampingi Kabid Dikmen  Dinas P dan K NTT, Pius Rasi di Lantai IV Hotel  Pelangi Kupang, Selasa (9/4/2019) malam.

Peserta OSN yang mengikuti lomba Tingkat Provinsi NTT ini, kata Benyamin, merupakan siswa/i yang telah berhasil meraih juara I lomba OSN di tingkat kabupaten/kota masing-masing di NTT sebelumnya.

Bidang sains yang dilombakan  meliputi sembilan mata pelajaran, yakni  Matematika, Fisika, Kimia, Informatika/Komputer, Biologi, Astronomi, Ekonomi, Kebumian, dan Geografi.

Baca juga :  Bertemu Para Petani, Bupati Korinus Mengucap Syukur Atas Kedatangan Mentan RI

Kalau disesuaikan dengan 9 mata pelajaran yang dilombakan, kata dia, maka jumlah peserta yang seharusnya datang dari 22 kabupaten/kota di NTT sebanyak 198 orang. Tetapi, yang hadir saat pembukaan di Hotel Pelangi, Selasa (9/4/2019) malam baru 160-an peserta, sehingga kemungkinan ada beberapa kabupaten yang tidak mengirimkan pesertanya secara lengkap 9 orang, kata Benyamin.

Peserta Lomba OSN SMA dari 22 kabupaten/kota se-NTT saat menghadiri pembukaan lomba OSN SMA Tingkat Provinsi NTT di Lantai IV Hotel Pelangi Kupang, Selasa (9/4/2019) malam.

Siswa yang mendapat nilai tertinggi atau juara I dari masing-masing mata pelajaran yang dilombakan akan mewakili NTT untuk mengikuti lomba OSN SMA Tingkat Nasional yang akan dipusatkan di Sulawesi Utara tahun ini.

Tujuan umum lomba OSN SMA ini antara lain, pertama, mendapat dan mengembangkan siswa bertalenta dan berkarakter dengan prestasi internasional, sehingga mampu berkontribusi sebagai pioner pembangunan melalui ilmu pengetahuan dan teknologi, untuk mewujudkan  bangsa yang unggul.

Baca juga :  Topik : " Selasa Ini, Kita Sosialisasi Pembangunan Rehablitasi Jaringan Irigasi Wuncung"

Kedua, mendorong prestasi untuk memaksimalkan penemuan siswa bertalenta dan berkarakter dari seluruh pelosok Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI), dan ketiga, menciptakan atmosfer berkompetisi dan berprestasi yang sehat, serta mendorong tumbuh kembangnya budaya silih, asuh di sekolah dan semua pemangku kepentingan.

 

Inilah peserta lomba OSN SMA dari 22 kabupaten/kota se-NTT yang siap mengikuti lomba OSN SMA Tingkat Provinsi NTT hari ini, Rabu, 10 April 2019.

Tujuan khususnya antara lain, pertama, menyelenggarakan seleksi secara berjenjang bagi peserta OSN mulai dari tingkat sekolah, kabupaten/kota, provinsi dan nasional.  Kedua, menyeleksi siswa yang mempunyai kompetensi/kemampuan dalam bidangnya masing-masing, yaitu Matematika, Fisika, Kimia, Informatika/Komputer, Biologi, Astronomi, Ekonomi, Kebumian, dan Geografi.

Ketiga, menyiapkan calon peserta yang dapat diandalkan untuk mewakili Indonesia untuk Olimpiade Tingkat Internasional.

Untuk jangka pendek, ia berharap, peserta bisa berlomba dengan baik dan bisa berhasil, sehingga mengharumkan nama sekolah dan kabupatennya masing-masing.

Baca juga :  Kejari Labuan Bajo Kembalikan Berkas Perkara 21 Tsk Dugaan Sengketa Lahan Golo Mori

Sedangkan untuk jangka panjang, ia berharap, lomba ini akan memberikan motivasi kepada siswa/i, baik kepada mereka yang saat ini mengikuti lomba OSN maupun teman-temannya yang ada di sekolahnya masing-masing untuk belajar lebih giat lagi, sehingga bisa terpilih pada lomba berikutnya. (ade)