Pemilu di Flotim Tetap Dilaksanakan Sesuai Schedule

KUPANG, NTT PEMBARUAN.com- Pemilihan Umum (Pemilu) di Kabupaten Flores Timur (Flotim), khususnya di Kota Larantuka tetap dilaksanakan pemungutan suaranya pada hari Rabu, 17 April 2019, atau sesuai schedule.

“Prinsipnya, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Flotim meminta kami bagaimana cara mengatur pemungutan suara, sehingga penghitungan suara di daerah itu, khususnya di Kota Larantuka bisa selesai tepat pukul 17.00 Wita (jam 5 sore,red) pada tanggal 17 April 2019 mendatang,” kata Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) NTT, Thomas Dohu yang dihubungi wartawan media ini, Kamis (4/4/2019) pagi.

Saat ini, KPU Flotim sedang mendesain mekanisme tehnisnya  untuk kemudian dikomunikasikan dengan Pemkab Flotim.

Salah satu  tawarannya  nanti, kata Thomas, memperbanyak  jumlah bilik suara, Tempat  Pemungutan Suara (TPS), dan melakukan sosialisasi kepada pemilih untuk datang lebih awal ke TPS-nya masing-,masing, sehingga paling lambat jam 10.00 Wita sudah selesai pemungutan suara di Kota Larantuka, tinggal dilanjutkan dengan penghitungan suara.

Baca juga :  Insan Bumi Mandiri Bantu Warga Pulau Komodo Bangun Masjid Pertama

Percepatan pemungutan suara dan penghitungan suara itu, menurut dia, semuanya sangat tergantung dari kehadiran pemilih.  Karena itu, tugas KPU Flotim sekarang ini mengatur mekanisme tehnisnya, salah satunya memperbanyak bilik suara,  memperluas TPS, dan meminta kepada pemilih untuk datang lebih awal pada hari pencoblosan, 17 April 2019 mendatang. (ade)