537 Siswa SMAN 4 Kupang Siap Ikut UNBK

KUPANG, NTT PEMBARUAN.com- Sebanyak 537 siswa kelas XII Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN) 4 Kupang siap mengikuti Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) yang akan dilaksanakan sejak tanggal 1 April 2019 ini.

Peserta yang ada itu, dibagi dalam dua lokasi ujian, yakni 480 dilaksanakan di SMAN 4 Kupang dibagi dalam tiga ruangan dengan sistem tiga shift, dan di SMPN 10 Kupang, 57 siswa dengan satu ruangan dibagi dalam dua shift.

“Semuanya sudah siap, baik dari sisi fasilitas maupun kesiapan personal anak-anak,” kata Kepala SMAN 4 Kupang, Drs. Agustinus Bire Logo,M.Si kepada wartawan media ini di Kupang, Sabtu (30/3/2019).

Dari sisi kesiapan siswa, sekolah telah memberlakukan les tambahan kepada peserta UNBK sejak September 2018 lalu. Selama diberi les tambahan, anak-anak dilatih mengerjakan soal-soal yang akan muncul dalam UNBK nanti.

Baca juga :  PLN Hadirkan Listrik di 20 Desa dan 1 Dusun Terpencil di NTT

Kepada siswa juga, lanjut dia, sudah diberikan simulasi selama dua kali. Jadi, dari sisi persiapan personal siswa, menurut dia, sudah cukup dan siap terjun ke UNBK awal April 2019 ini.

Dari sisi fasilitas, ujar dia,  sekolah sendiri sudah menyiapkan 40 unit komputer ditambah pinjaman dari laptop orangtua siswa dan para guru bisa mencapai 140 unit komputer/laptop untuk pelaksanaan UNBK di SMAN 4 Kupang.

Sedangkan untuk pelaksanaan UNBK di SMPN 10 Kupang, tambahnya lagi, pihaknya bersyukur karena sekolah tersebut sudah memiliki 60 unit komputer plus satu unit server.

Khusus di SMPN 10 Kupang, peserta  UNBK-nya hanya 57 orang  dengan sistem dua shift, dimana shift pertama, 40 orang dan shift kedua, 17 orang dilengkapi dengan tenaga teknisi.

Baca juga :  BTNK dan Otorita Pariwisata Labuan Bajo Terapkan Sistem Registrasi Online

Untuk di SMAN 4 Kupang sendiri, kata dia, sebenarnya menggunakan 4 ruangan dengan sistem tiga shift. Tetapi, karena satu ruangannya bisa menampung 80 unit komputer/laptop, maka jumlah ruangan ujiannya diperkecil menjadi tiga ruangan dengan kekuatan 140 unit komputer/laptop plus 4 server dilengkapi tenaga teknisi. (ade)