85 Murid SD di NTT Ikut Seleksi OSN

KUPANG, NTT PEMBARUAN.com – Sebanyak 85 murid sekolah dasar (SD) dari 20 kabupaten/kota di Nusa Tenggara Timur (NTT) mengikuti seleksi Olimpiade Sains Nasional  (OSN) Tingkat Provinsi NTT yang dipusatkan di Sekolah Keberbakatan Olahraga (SKO) Kupang, Kamis (28/3/2019).

Jumlah itu dibagi dalam 6 ruangan, yakni untuk peserta seleksi OSN Ilmu Pengetahuan Alam (IPA), tiga ruangan, dan Matematika, tiga ruangan, sebut  Kepala Bidang Pembinaan Pendidikan Khusus (PPK) Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi NTT, Valens Balu kepada media ini usai pelaksanaan seleksi OSN di Kupang, Kamis (28/3/2019).

Seleksi tertulis yang berlangsung selama 90 menit itu dibawa pengawasan ketat dari tim Direktorat Pendidikan Dasar dan Menengah  Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan  plus dari Bidang PPK Dinas P dan K NTT.

Baca juga :  Gubernur NTT Ajak Masyarakat Tingkatkan Imunitas Tubuh Hadapi Covid-19

Valens mengatakan, dari 22 kabupaten/kota di NTT, hanya 20 kabupaten/kota yang mengirimkan pesertanya untuk mengikuti OSN tingkat provinsi tahun ini. Sedangkan, dua kabupaten lainnya, yakni Sumba Barat Daya (SBD), dan Malaka tidak mengirimkan delegasinya.

Peserta yang dikirim dari kabupaten/kota itu, lanjut dia, anak-anak yang telah melewati tahap seleksi di tingkat kecamatan, dan kabupaten/kota masing-masing.  Ditanya apa alasan kedua kabupaten itu tidak mengirimkan peserta OSN-nya tahun ini, jawab Valens, tidak tahu, karena itu rananya kabupaten.

Ia melihat, animo masyakat cukup tinggi untuk melibatkan anak didiknya dalam mengikuti seleksi OSN tingkat provinsi tahun ini, dan itu dibuktikan dengan mengirimkan pesertanya dari  20 kabupaten/kota, minus dua kabupaten.

 

Peserta OSN SD Tingkat Provinsi NTT saat mengikuti seleksi tertulis di SKO Kupang, Kamis (28/3/2019)

Kata Valens, lembaran jawaban peserta langsung dibawa tim Direktorat Pendidikan Dasar dan Menengah ke Jakarta untuk diperiksa bersama tim dari kalangan perguruan tinggi yang telah ditunjuk, yakni Universitas Negeri Jakarta.

Baca juga :  Bangun NTT, Pemprov NTT Gandeng Sejumlah PT di Tirosa

Dia berharap, dalam tempo tiga minggu ke depan, hasilnya sudah bisa diketahui yang diumumkan secara online dari Jakarta. Peserta yang memperoleh nilai tertinggi, baik IPA maupun Matematika  akan mewakili NTT untuk mengikuti lomba OSN Tingkat Nasional di Jakarta pada bulan Juni 2019 mendatang.

Valens berjanji, anak-anak yang meraih juara I, II dan III untuk kedua mata pelajaran itu akan diberikan reward (penghargaan,red) berupa uang tunai.  Sedangkan soal berapa  besar uang yang diberikan kepada masing-masing anak nanti, kata Valens, belum bisa disebutkan saat ini.

Pihaknya juga meminta tim seleksi Direktorat Pendidikan Dasar dan Menengah untuk mengirimkan semua hasil nilai peserta berdasarkan passing great sebagai  bahan evaluasi bersama untuk mengetahui tingkat kemampuan anak.

Baca juga :  Tim SAR Gabungan Temukan Korban Dalam Keadaan Meninggal di Embung Haulasi

“Nilai yang tertinggi tentunya akan menjadi contoh bagi kabupaten/kota lainnya untuk ditiru pola mengajar yang diterapkannya. Begitupun, nilai yang rendah terus diberi motivasi, sehingga ada perubahan nilai saat mengikuti seleksi OSN berikutnya, “ ujar dia. (ade)