SMKN 1 Borong Siap Laksanakan UNBK

BORONG, NTT PEMBARUAN.com – Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMKN) 1 Borong, Kabupaten Manggarai Timur, Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) siap melaksanakan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) tanggal 25 Maret 2019 ini.

“ Tahun ini merupakan tahun ke-4 sekolah kami melaksanakan UNBK. Jadi, kami sudah siap, baik dari sisi fasilitas komputer, server, jaringan internet, listrik maupun kesiapan siswanya sendiri,” kata Kepala SMKN 1 Borong, Viktor Kabut kepada media ini di Borong, Senin (18/3/2019).

Dalam menghadapi UNBK tahun ini, sekolahnya sudah menyiapkan 100 unit komputer ditambah cadangan, 20 unit, sehingga totalnya mencapai 120 unit. Dari jumlah itu, setengahnya disiapkan oleh sekolah, sedangkan setengahnya lagi dipinjamkan dari luar.

Baca juga :  PLN Operasikan Transmisi Pertama di Kabupaten Sikka, Listrik Siap Dukung Investasi di Pulau Flores

Karena keterbatasan komputer dan ruang ujian, maka UNBK di sekolahnya tahun ini dilaksanakan tiga shift dengan jumlah siswa 297 orang akumulasi dari 5 jurusan, yakni Teknik Jaringan Komputer (TKJ),  Teknik Gambar Bangunan (TGB),  ATPH, TPHP, dan TKN.

Sementara ruangan yang disiapkan untuk UNBK hanya dua ruangan, dengan sistem tiga shift, dimana shift pertama dan kedua masing-masing ruangan, 50 siswa, dan shift ketiga, 50 siswa dan 47 siswa.

Terkait persiapan siswa sendiri dalam menghadapi UNBK selama 4 hari, terhitung sejak 25-28 Maret 2019 itu, kata dia, semua siswa sudah dilatih lewat simulasi selama tiga kali dan bimbingan belajar (Bimbel) sebelumnya.

Wakil  Kurikulum SMKN 3 Kota Kupang, Dra. L. Plastina sedang melatih siswanya cara menggunakan internet menghadapi UNBK yang dilaksanakan 25 Maret 2019 ini.

Secara terpisah, Wakil  Kurikulum SMKN 3 Kota Kupang, Dra. L. Plastina menyebutkan, 319 siswa kelas XII di sekolahnya juga sudah siap melaksanakan UNBK tahun ini.

Baca juga :  Konflik Besipae Berakhir dengan Kesepakatan Bersama

Kesiapan itu, berupa bimbingan belajar (Bimbel) sejak awal semester masuk kelas XII  untuk 4 mata pelajaran, yakni Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, dan dua mata pelajaran kejuruan masing-masing.

Sementara fasilitas UNBK yang disiapkan sekolahnya saat ini terdiri dari 110 unit komputer milik sekolah ditambah cadangan 10 unit pinjaman dari orangtua siswa, server, jaringan internet, dan kekuatan daya listrik.

Dalam pelaksanaannya UNBK nanti, sekolahnya menggunakan tiga shift dibagi pada 4 ruangan labaratorium yang sudah ada. (ade)