Dua Paket Pengamanan Pantai di Flores Sudah Rampung 100 Persen

KUPANG, NTT PEMBARUAN.com- Dua paket pekerjaan pengamanan pantai di Kabupaten Ende,  Flores, Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) yang dikerjakan Balai Wilayah Sungai Nusa Tenggara II Tahun 2018 sudah rampung 100 persen.

Kedua paket tersebut masing-masing,  paket Pengamanan Pantai Nanga Panda di Desa Ondo Rea, Kecamatan Nanga Panda, Kabupaten Ende sepanjang 125 meter, dan paket Pengamanan Pantai Puunaka  di Kelurahan Tanjung, Kecamatan Ende Selatan,  Kabupaten Ende sepanjang 110 meter.

Hal itu dikemukakan Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) Sungai dan Pantai II Balai Wilayah Sungai Nusa Tenggara II Provinsi Nusa Tenggara Timur, Bernadeta Tea kepada wartawan media ini di Kupang, Rabu (12/12/2018).

Dua paket pekerjaan itu dikerjakan sejak 7 Februari 2018, dan sudah rampung 100 persen tanggal 14 Agustus 2018 dengan masa pemeliharaan selama 6 bulan ke depan.

Baca juga :  Wabup Kupang : Manfaatkan Dana Desa Sesuai APBDes

Sementara realisasi pencairan keuangannya, kata Bernadeta, sudah dibayar sesuai pencapaian progress di lapangan, tinggal sisa retensi 5 persen untuk biaya pemeliharaan.

Sebelumnya, Kepala Satuan Kerja (Kasatker) PJSA BWS NT II Provinsi Nusa Tenggara Timur, Alfred Lukas mengatakan, empat paket proyek di bawah pengawasan Satkernya tahun ini rata-rata progressya sudah mencapai  95 persen.

Tahun ini, ia menangani 4 paket pekerjaan masing-masing, 2 paket pengamanan pantai di Kabupaten Ende, Flores, dan 2 paket pembangunan sarana prasarana pengendalian banjir Sungai Motain, Kabupaten Belu dan dan pembangunan multi years  sarana prasarana pengendalian banjir Sungai Motamasin, Kabupaten Malaka.

Dari empat paket yang dikerjakannya, 2 paket pengamanan pantai di Ende, Flores sudah rampung 100 persen Agustus 2018 lalu. Sedangkan dua paket pekerjaan pengendalian banjir Sungai Motain, dan Sungai Motamasin rata-rata progressnya baru mencapai 95 persen dengan masa akhir kontrak 31 Desember 2018.

Baca juga :  Sejumlah Rumah Ibadah di Nagekeo Mendapat Suntikan Dana dari Pemkab Setempat

 

Pengamanan Pantai Nanga Panda, di Desa Ondo Rea, Kecamatan Nanga Panda, Kabupaten Ende, Flores sepanjang 125 meter
Pengamanan Pantai Nanga Panda, di Desa Ondo Rea, Kecamatan Nanga Panda, Kabupaten Ende, Flores sepanjang 125 meter

Proses Persiapan Lelang

Menurut Alfred, tahun 2019 mendatang, Satkernya mendapat  kebagian tiga paket pekerjaan pengamanan pantai dan pengendalian banjir. Jumlah itu, tersebar di Wilayah Flores, 3 paket masing-masing, pengamaman pantai di Labuan Bajo, Kabupaten Manggarai Barat (Mabar), pengamanan pantai di Kabupaten Ende, dan pengamanan pantai di Kabupaten Nagekeo.

Tiga paket lainnya tersebar di daratan Timor, yakni pekerjaan lanjutan pengamanan pantai Namosain,Kota Kupang, pekerjaan lanjutan pengendalian banjir Sungai Motain, Kabupaten Belu, dan pekerjaan lanjutan pengendalian banjir Sungai Motamasin, Kabupaten Malaka. “Saat ini sementara dalam proses persiapan lelang,” tutupnya. (ade)